Sukses

Waspada darah pada kotoran!

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Wanita, 23 tahun.
selamat siang dokter, saya ingin bertanya, selama 1 bulan terakhir ini buang air besar saya ada darahnya. tidak berbau amis. terlihat segar tp kadang di kotoran saya ada merah-merahnya. awalnya saya mengalami susah buang air besar sampai terasa sakit, sampai keluar darah. setelah itu kadang-kadang masih keluar darah walaupun saya buang air secara normal (tidak sulit). sebelum kejadian ini saya selalu rutin dan normal buang air besar tiap hari. mohon infonya. terimakasih
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Saudara yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan buang air besar yang disertai dengan darah dan riwayat nyeri ketika mengedan perlu diwaspadai merupakan suatu gejala dari hemorrhoid atau ambeien atau wasir. 

 

 

 

 

Wasir/ ambeien/hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus.  Tipe dan derajat hemorrhoid bervariasi; mulai dari yang dapat terlihat tepat pada muara rektum/dubur/anus, hingga hemorrhoid yang hanya keluar saat mengejan dan kemudian dapat masuk spontan atau perlu pendorongan dengan tangan, hingga yang tidak dapat dimasukkan kembali. Perdarahan menetes pada hemorrhoid biasanya tidak nyeri dan disebabkan karena iritasi. Perdarahan ini harus ditangani agar tidak jatuh pada keadaan yang lebih berbahaya.

Beberapa pencegahan hemorrhoid yang dapat Anda lakukan:

 

 

 

 

 

 

  • Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari
  • Olahraga
  • Mengurangi mengedan
  • Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)
  • Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.
  • Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.
  • Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.

Untuk memastikan diagnosa ini, tentunya diperlukan pemeriksaan fisik khususnya pada daerah dubur. Apa memang benar darah pada kotoran tersebut disebabkan karena hemorrhoid ataukah terdapat penyebab lainnya. Anda dapat membaca artikel kami dengan mengklik link berikut:  Hemorrhoid (wasir).

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar