Sukses

Kegemukan sebabkan penis kecil

17 Oct 2014, 07:27 WIB
Pria, 38 tahun.
Selamat siang dok. Anak lelaki saya umur 9 th, TB 142cm BB 41kg. Saya ingin bertanya mengenai perkembangan ukuran penis pada anak. Menurut pengmatan saya ukuran penisnya terlalu kecil untuk anak seumuran dia. Apa faktor kegemukan juga berpengaruh? Jika ukurannya memang terlalu kecil, apa ada usaha yang bisa dilakukan untuk membuatnya normal kembali? Terimakasih atas jawabannya.
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Saudara yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ukuran penis kecil yang dalam dunia medis disebut dengan mikropenis dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Beberapa diantaranya;  gangguan hormon pertumbuhan,gangguan genetik, dan pengaruh nutrisi. Setelah menghitung indeks massa tubuh anak Anda berdasarkan data berat badan dan tinggi badan yang tercantum, anak Anda tergolong memiliki berat badan yang ideal, namun untuk ukuran usia 9 tahun ia memiliki pertumbuhan yang pesat.

Pada anak yang tergolong ke dalam obesitas, memang seringkali terjadi gangguan pada metabolisme hormon testosteron yang berfungsi untuk pertumbuhan alat kelamin pria (penis). Gangguan tersebut berimbas pada ukuran penis yang relatif kecil. Namun untuk memastikan penyebab dari mikropenis yang terjadi pada anak Anda, konsultasikan dengan dokter anak Anda terlebih dahulu, sehingga dapat dilakukan penanganan yang sesuai. Anda dapat membaca mengenai mikropenis dari koleksi artikel kami dengan mengklik judul berikut: Mikropenis


Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar