Sukses

Keluhan yang timbul akibat GERD

18 Oct 2014, 21:50 WIB
Pria, 25 tahun.
Hallo Dok, saya mau konsultasi nih, udah beberepa bulan ini saya menderita keluhan-keluhan seperti: 1. Badan cepat lelah, lemas & gampang ngantuk 2. Dada Sesak (seperti asma/seperti berat di bagian dada) 3. Dada kiri Nyeri/linu (terkadang pindah ke uluhati dan dada sebelah kanan 4. Perut serasa kembung (suka mengeluarkan bunyi2) 5. Sering sekali bersendawa (seperti masuk angin) 6. Punggung, leher & tangan kiri suka linu2 7. Suka cemas/panik 8. Perut suka mual (eneg) tapi tidak sampai muntah 9. Kepala suka pusing (seperti muter2) Saya sudah cek ke-3 dokter berbeda, dan mereka bilang saya terkena ASAM LAMBUNG TINGGI (GERD), nah kalau dari analisa dokter terhadap keluhan saya diatas saya menderita penyakit apa yah?? mohon dengan sangat bantuannya yah dok... dan gimana cara penyembuhannya? Terima kasih,
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Saudara yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Analisa suatu penyakit akan menjadi lebih bermakna jika didapatkan dari berbagai data dari hasil wawancara keluhan pasien (seperti yang Anda utarakan), pemeriksaan fisik secara langsung, dan juga pemeriksaan penunjang yang sesuai. Dari berbagai keluhan yang Anda sebutkan diatas,  sangat mungkin bagi Anda untuk mengalami peningkatan asam lambung yang sering dikenal masyarakat dengan sakit maag.

Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal/ GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

Gastritis ini memiliki beberapa penyebab diantaranya adalah infeksi bakteri H.pylori dan iritasi karena sebab lain. Apabila gastritis anda disebabkan oleh infeksi bakteri, maka pengobatan antibiotik harus diberikan sampai tuntas dan diikuti dengan follow-up untuk memastikan bakteri tersebut sudah mati. Bagaimana cara mengetahui bahwa gastritis Anda adalah akibat infeksi bakteri H. pylori? Adalah dengan pemeriksaan Urea Breath Test (UBT). Coba untuk menanyakan pemeriksaan tersebut pada dokter Anda, terutama jika keluhan Anda tersebut sudah seringkali berulang dan terjadi dalam waktu yang lama. Apabila disebabkan karena iritasi akibat makanan, minuman, dan rokok, maka yang harus anda lakukan adalah menghindari pencetus dari maag ini. Asam lambung yang menyebabkan perlukaan lambung juga dapat meningkat pada kondisi stress, karena itu sebisa mungkin anda sebaiknya menghindari stress.

Selain minum obat, anda juga harus menjaga pola makan anda agar gastritis ini tidak sering kambuh. Anda harus menghindari makanan yang pedas, makanan asam, kopi, kola, merokok, dan ubahlah gaya hidup anda menjadi lebih sehat. Hindari stres dan bergadang karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.


Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar