Sukses

Penyebab mimisan saat hamil

20 Oct 2014, 09:52 WIB
Wanita, 28 tahun.
dok, saya saat ini sedang hamil 34 minggu. sudah dua hari ini, hidung sebelah kiri saya berdarah. tapi darahnya tidak mengalir keluar seperti mimisan biasanya. saya tau, karena membersihkan hidung dengan tisu. selama hamil ini hidung saya sudah berdarah untuk yg ketiga kalinya, padahal sebelumnya belum pernah terjadi sama sekali. kepala saya memang agak terasa pusing dan berat. tapi badan tidak panas. kira2 apa penyebabnya ya dok? dan apa yg harus saya lakukan? terimakasih.
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mimisan atau dikenal dengan epistaksis di dalam dunia medis merupakan perdarahan dari hidung akibat dari pecahnya pembuluh darah di hidung. Mimisan di dalam kehamilan sering terjadi dikarenakan perubahan hormonal di dalam tubuh. Peningkatan hormon estrogen menyebabkan peningkatan vaskularisasi pada mukosa hidung sehingga meningkatkan kerentanan pecahnya pembuluh darah (dalam kasus ini di hidung) akibat dari trauma minor (contoh : mengorek hidung).

Jika mimisan Anda tidak terlalu banyak dan dapat berhenti sendiri, serta dari pemeriksaan dokter Anda tidak mengalami kelainan darah, maka  mimisan hanya disebabkan karena pengaruh hormon dalam kehamilan. Mimisan dalam kehamilan yang disebabkan pengaruh hormon akan berangsur berkurang menjelang persalinan dan t
idak berpengaruh buruk pada bayi. Namun apabila mimisan tersebut tidak juga berhenti atau sangat banyak sampai Anda merasa lemas,tentunya berpengaruh pada nutrisi yang akan diberikan pada janin. Selain itu, jika Anda merasakan keluhan selain mimisan, seperti hidung terasa tersumbat, sering tidur mengorok, ataupun merasa kesulitan bernafas melalui hidung, memiliki riwayat alergi, sebaiknya segera periksakan pada dokter spesialis THT. Keluhan kepala terasa pusing dan berat perlu diwaspadai. Coba periksakan tekanan darah Anda saat ini. Karena tekanan darah tinggi pun dapat juga menyebabkan kerapuhan pada pembuluh darah halus pada mukosa hidung.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar