Sukses

Turunkan BB Ibu Menyusui

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Wanita, 27 tahun.
Salam hangat dok,saya memiliki tb:163 cm bb:74 kg.pasca melahirkan saya memilih memberikan asi eksklusif untuk anak saya,saat ini putri saya sdh berusia 8 bulan.Bagaimana cara olahraga dan diet yang tepat dan aman untuk menurunkan berat badan saya?,sedangkan saya masih menyusui putri saya dan tidak minum susu formula (dokter specialis anak melarang saya,krn asi masih lancar).Atas informasinya saya ucapkan terima kasih.
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Strategi menurunkan berat badan harus melakukan modifikasi diet, aktivitas fisik, kebiasaan dan hindari stress. Diet yang dianjurkan adalah makan yang secukupnya,  kurangi konsumsi makan-makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Kira-kira karbohidrat yang dikonsumsi  55-65% dari total energi. Buah-buahan, gandum  dan sayuran diperbanyak, dan tetap memperhatikan menu seimbang karena Ibu menyusui tetap membutuhkan kombinasi makanan yang sesuai.
Salah satu faktor yang tidak kalah penting untuk program penurunan berat badan adalah meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.

Kunci menurunkan berat badan, adalah membakar lebih banyak kalori dibandingkan kalori yang Anda makan. Tiga ribu lima ratus (3.500) kalori, setara dengan 0.45 kg lemak. Karena itu, jika ingin menurunkan berat badan sebanyak 0.45 kg, Anda harus membakar lebih dari 3.500 kalori. Kalau Anda mengurangi 500 kalori dari diet Anda biasanya setiap hari, maka Anda akan menurunkan berat badan sebanyak 0.45 kg dalam waktu seminggu (500 kalori dikali 7 hari= 3.500 kalori).

 

Idealnya, penurunan berat badan yang baik, agar tidak mempengaruhi keseimbangan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan adalah 0,5-1 kg dalam 1 minggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,                                       

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar