Sukses

Cara Penggunaan Tablet Vagina

09 Nov 2014, 09:00 WIB
Wanita, 42 tahun.

Yth Pak/Bu dokter, Hasil pap smear dan kultur sek vagina saya menunjukkan hasil sbb: Microbe's identity: staphylococus epidermidis, hasil pap smear menunjukkan ada cervicitis. Dokter memberikan antibiotik ciprofloxacin dan neo gynoxa untuk 7 hari. Yang ingin saya tanyakan apakah neo gynoxa dapat digunakan selama haid atau sebaiknya ditunggu setelah haid bersih? Terima kasih untuk informasinya. Salam, Felissitas

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Zat yang terkandung dalam obat berbentuk tablet vagina yang anda sebutkan adalah metronidazol dan nystatin, merupakan obat untuk penanganan infeksi campuran vagina yang disebabkan bakteri Trichomonas vaginalis dan jamur C. albicans.

Cara pemakaiannya; cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan obat dengan bersih. Tablet dimasukkan sedalam mungkin ke dalam vagina dengan aplikator yang tersedia, sebaiknya pada malam hari. Sebaiknya tablet dimasukkan pada posisi terlentang dengan kedua kaki ditarik sedikit ke arah badan. Untuk mempercepat penghancuran obat, basahkan dengan air, satu atau dua detik sesaat sebelum dimasukkan kedalam vagina.

Haid atau Menstruasi tidak menjadi suatu kontraindikasi mutlak dalam menggunakan tablet vagina. Yang ditakutkan adalah bila darah haid yang keluar banyak, zat obat yang telah luruh akan ikut keluar bersama darah Haid sehingga efek dan khasiat dari obat tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Untuk informasi lebih lanjut, kami sarankan Anda kembali berkonsultasi dengan Dokter Anda, atau membaca keterangan cara pemakaian dalam kemasan obat sebelum menggunakannya, baik dalam jenis obat apapun.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar