Sukses

Fatty Liver 2

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Pria, 38 tahun.
Team dokter Yth, Melengkapi surat saya sebelumnya https://www.klikdokter.com/tanyadokter/read/2010/11/01/10479/fatty-liver---vit--e Saya tidak menderita diabetes, saya juga tidak konsumsi alkohol, saya sudah berhenti merokok 3 tahun yg lalu. Namun saya pernah beberapa bulan minum obat2an jantung (cardio aspirin)namun sekarang sudah tidak minum, hanya bila terasa kelainan irama jantung, saya minum beta blocker dari dokter. Dalam kaitan sengan fatty liver, adakah check darah khusus selain check SGOT, SGPT? Suara aneh seperti air diperut saya, apakah ini cairan diperut saya, lalu bagaimana mengatasinya dok? Nyrei disekitar perut atas ini sering saya alami, saya mohon saran dokter. Satu lagi dok, saya kerja kena shift, apakah makan malam jam 2 malam itu berbahaya? Terimakasih
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah di antara obat-obatan jantung yang Anda konsumsi terdapat amiodarone? Amiodarone, merupakan obat jantung untuk mengatasi kelainan irama jantung dan dapat merupakan salah satu obat yang dapat menyebabkan terjadinya fatty liver pada beberapa orang. Jika demikian, maka Anda perlu mengonsultasikan hal tersebut dengan dokter Anda untuk penyesuaian dosis atau penggantian obat.

Pemeriksaan laboratorium yang dapat dialkukan untuk mendiagnosis fatty liver, selain dari pemeriksaan imaging (USG, CT Scan, MRI) adalah pemeriksaan enzim hati yaitu SGOT, SGPT, enzim ALP (Alkaline Phosphatase), pemeriksaan lipid darah, pemeriksaan serologi virus untuk menyingkirkan kemungkinan hepatitis karena virus. Namun, pada 50% pasien, pemeriksaan enzim hati (SGOT, SGPT) dapat normal atau hanya sedikit meningkat saja.

Suara aneh seperti air di perut seperti yang Anda keluhkan mungkin merupakan reaksi saluran pencernaan yaitu meningkatnya aktivitas saluran pencernaan karena adanya masalah dengan organ pencernaan (hati). Hal ini dapat diatasi dengan pemberian suplemen enzim pencernaan serta mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak.

Untuk nyeri di daerah perut kanan atas Anda, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan kontrol ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui apakah ukuran hati Anda saat ini membesar hingga mengganggu jaringan sekitar dan menyebabkan nyeri. Dokter dapat memberikan penanganan yang sesuai dengan memberikan obat yang aman untuk dimetabolisme oleh liver (hati) yang sakit.

Apakah yang Anda maksud dengan berbahaya? Makan pukul 2 malam tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan selama dalam batas wajar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar