Sukses

Fatty Liver & Vit. E

19 Oct 2014, 20:45 WIB
Pria, 38 tahun.
Yth, 4 bulan yang lalu saya mengalami nyeri disekitar perut dan bawah tulang rusuk berpindah pindah, rasa penuh diperut dansuara aneh seperti air disekitar perut saya. Dari hasil USG saya dinyatakan terkena Fatty Liver. Namun hasul lab darah, SGOT SGPT KOLESTEROL normal. Ketika suatu saat untuk berjalan 100 meter saja saya menjadi lemas dan gemetar. Setelah diet, olahraga dan minum temu lawak keadaan membaik. Namun saat ini rasa nyeri di bawah rusuk kanan kembali timbul. Pertanyaan saya: Apakah gejala nyeri di bawah rusuk yang saya alami ini wajar? dan pemeriksaan apa yang sebaiknya saya lakukan? Saya disarankan oleh teman untuk konsumsi vitamin E @400 IU 2x1 untuk atasi fatty liver, apakah benar ini bisa mengurangi fatty liver? Terimakasih
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan. Apakah Anda menderita diabetes? Apakah Anda mengonsumsi alkohol? Apakah saat ini sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu? Penanganan fatty liver sangat bergantung pada penyebab terjadinya fatty liver. Secara umum, fatty liver dapat disebabkan oleh alkohol, obesitas, diabetes mellitus, konsumsi obat kortikosteroid, hiperlipidemia, dll. Pada fatty liver yang tidak terlalu berat, terkadang tidak dibutuhkan penanganan apapun. Namun, kontrol berat badan, diet rendah lemak dan olah raga terkadang dapat memberikan hasil yang baik dan mengurangi perjalanan perkembangan fatty liver.

Fatty liver dapat merupakan kondisi yang menyebabkan keluhan-keluhan rasa tidak nyaman pada perut di sekitar bawah rusuk Anda. Apakah Anda masih sering mengalaminya? Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk kontrol kembali kondisi Anda saat ini.

Hingga kini, penelitian terhadap efek pemberian vitamin E pada pasien masih terus dilakukan. Beberapa penelitian yang sudah ada menunjukkan adanya perbaikan kondisi pada populasi tertentu dengan keadaan fatty liver (steatosis) pada konsumsi vitamin E 400 IU per hari. Namun, penelitian yang ada belum dapat menjelaskan mekanismenya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar