Sukses

Cara menurunkan berat badan

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Wanita, 20 tahun.
Assalam dok, saya Umi, memiliki masalah berat badan yang berlebih (BMI saya 28,13 --> obese I orang Asia). Saya ingin sekali menurunkan berat badan, tapi jarang berhasil. Karena kesibukan kuliah, makan saya tidak teratur. Kadang sekali saja tapi banyak, kadang 2-3x banyak. Hehe.. dan OR tidak pernah saya lakukan (dulu ikut fitnes tapi berhenti di tengah jalan). Sekarang ini saya berusaha untuk diet, tiap pagi dan malam saya minum susu kedelai dan 1 buah apel. Siang kadang2 makan gado-gado tanpa nasi/lontong, dan kadang sangat tergoda makan gorengan (tahu isi, kroket, risol, bakwan). Aktivitas fisik saya tingkatkan dengan memperbanyak jalan kaki (tapi sepertinya tidak adekuat). Selama 10 hari BB saya turun 2 kg. Menurut dokter, yang saya lakukan sudah benar atau perlu diperbaiki? Kalau saya mengonsumsi orlistat boleh tidak? Menurut dokter lebih baik minum obat orlistat atau sibutramin? Kalau saya menghindari makan-makanan berlemak, apakah orlistat masih berpengaruh (mengingat kerja orlistat hanya sebagai inhibitor lipase GI)? Kalau cuma menghambat lipase, lemak2 yang sudah tersimpan di tubuh apa bisa berkurang? Kalau saya mengonsumsi sibutramin, boleh tidak? Kalau dikonsumsi bersama boleh tidak?
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Apa kabar,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pertanyaan Anda, apakah boleh mengkonsumsi sibutramine atau orlistat untuk kondisi overweight Anda? Menurut pendapat Kami, penanganan yang harus Anda lakukan:

  • Diet Rendah Karbohidrat
  • Olah raga teratur minimal 60 menit sehari
  • Minum obat orlistat boleh saja dikombinasi dengan sibutramin, hanya cara minum obatnya berbeda. Orlistat memang merupakan inhibitor lipase (menghambat penyerapan lemak) sehingga minum obatnya ditengah-tengah makan, sedangkan sibutramine, merupakan obat yang berfungsi untuk mempercepat rasa kenyang, sehingga Anda diharapkan tidak makan makanan yang banyak (karena cepat kenyang). Yang perlu Anda perhatikan , hindari makan makanan yang banyak mengandung lemak, seperti goreng-gorengan . banyak mengandung karbohidrat. Perbanyak makan makanan yang berserat seperti sayur dan buah-buahan. Anda dapat mengkonsumsi sibutramine sehari sekali pagi dan juga orlistat diminum sehari sekali ditengah-tengah makan.
  • Yang paling penting menurut Kami adalah niat untuk melakukan diet karena tanpa niat yang kuat, diet tidak akan berhasil.

Untuk evaluasi sebaiknya Anda bertemu dengan Dokter Spesialis Gizi. Demikian jawaban yang dapat Kami sampaikan. (ind)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar