Sukses

Penyakit Jantung dan Operasi Hernia

09 Nov 2014, 11:47 WIB
Pria, 63 tahun.

Dear Dokter.. Teman saya, menderita hernia,dan setelah melewati beberapa test lab,,dokter memberikan advice untuk operasi. Kemudian dikarenakan pernah mempunyai riwayat penyakit jantung,dia jg melakukan pemeriksaan echocardiografi,dari hasil pemeriksaan ternyata ada penyumbatan dan fungsi diatolik terganggu.. Apa boleh dilakukan operasi hernia bila ada penyumbatan dipembuluh darah/pasien pernah di ablasi. Tks.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Berdasarkan keterangan yang diberikan, kami berasumsi bahwa penyumbatan jantung yang Anda sebutkan adalah Penyakit Jangtung Koroner (PJK). Penyakit jantung bukanlah hal yang menjadi kontraindikasi dalam operasi hernia. Namun yang menjadi permasalahan adalah Anestesi atau pembiusan yang akan digunakan dalam operasi tersebut.

Pada umumnya operasi hernia dilakukan dibawah anestesi regional (bius setengah badan). pada keadaan ini penyakit jantung menjadi kontraindikasi relatif dalam penggunaannya. Namun tentunya hal ini berbeda untuk setiap individunya. Baik Dokter Bedah maupun Dokter Anestesi akan terlebih dahulu mengkaji kondisi pasien sebelum menentukan pilihan terapi yang tepat. Karena keterbatasan informasi, kami tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut mengenai masalah ini. Kami sarankan untuk kembali berkonsultasi kepada dokter bedah Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar