Sukses

Anak Sulit Tidur Malam dan Sulit Makan

11 Nov 2014, 18:13 WIB
Pria, 1 tahun.

Anak saya laki2 umur 14 bulan, yang mau saya tanyakan 1. Sampai sekarang susah untuk tidur malam padahal sebelumnya sudah diberi makan kenyang.Jadi hampir tiap jam terbangun minta ASI. 2. Makan pun susah juga dok harus dipaksa, berbagai cara telah dicoba tapi waktu disupain mulutnya langsung dia tutup. Bgm solusinya ya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Setiap manusia memerlukan tidur untuk memulihkan tenaganya. Begitupun dengan anak Anda. Pada anak, tidur diyakini memiliki kontribusi pada perkembangan otak. Namun membuat anak tertidur sendiri memang membutuhkan waktu dan kesabaran.  Anak Anda tidak serta-merta lahir dengan disertai pengetahuan mengenai cara tidur yang benar. Tidur adalah kemampuan yang perlu dipelajari dan memerlukan bantuan untuk dikuasai oleh anak Anda.

Saat lahir, anak masih bingung antara siang dan malam. Oleh karena itu akan lebih baik untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik lebih awal. Cara terbaik yang dapat diajarkan orangtua adalah dengan menjadikan suasana senang dan gembira selama siang hari, dan membuatnya tenang bahkan membosankan pada malam hari.

Pada anak berusia 1-5 tahun, jam tidur anak pada umumnya berkisar antara 13-14 jam. Secara kuantitas, jam tidur anak anda saat ini dapat dikatakan cukup. 

Pemikiran yang salah tentang menidurkan anak adalah dengan menggendongnya hingga anak benar-benar tertidur sebelum akhirnya dibaringkan di tempat tidur.

Beberapa tips untuk menidurkan anak yang dapat anda lakukan adalah:

1. Upayakan untuk selalu membaringkan anak anda ketika ia masih dalam keadaan mengantuk, sebelum benar-benar tertidur.

Anak yang terbiasa tidur sendiri lebih mampu tidur kembali ketika ia terbangun saat malam hari.

2. Apabila anda diperlukan untuk menenangkan anak anda kembali, cobalah untuk tenang dan bahkan menjadi sedikit membosankan. Namun bila anak anda terbangun sepenuhnya, anda mungkin perlu mengulangi sedikit kebiasaan menjelang tidur sebelum kembali ke kamar anda.

3. Upayakan selalu menerapkan kebiasaan menjelang tidur yang dapat dikenali.

Mandikan anak anda, baringkan ia di tempat tidur, lihat buku bersama, nyanyikan sebuah lagu, beri ia ciuman dan ucapkan selamat malam dengan cara yang sama setiap malam. Kegiatan menyenangkan dan penuh kasih sayang yang dilakukan berulang menjelang tidur akan dikenali anak anda sebagai tanda waktunya untuk tidur.

Untuk kesulitan makan, berikut beberapa tips untuk mengatasi anak yang sulit makan :

  1. Hargai nafsu makan anak Anda.
    Bila anak tidak lapar, jangan paksa ia makan. Selain itu, jangan paksa anak untuk memakan makanan tertentu atau menghabiskan makanannya. Hal ini justru dapat memperkuat “perlawanan” anak terhadap makanan. Ia juga dapat mengasosiasikan waktu makan dengan rasa cemas dan frustasi. Sajikan makanan dalam porsi kecil dan berikan kesempatan baginya untuk meminta tambah.
     
  2. Jangan keluar dari rutinitas.
    Sajikan makanan dan cemilan pada waktu yang kira-kira sama setiap harinya. Berikan jus buah atau susu bersama dengan makanan dan tawarkan air putih di antara waktu makan dan cemilan.
     
  3. Bersabarlah dengan makanan baru.
    Anda mungkin memerlukan pajanan terhadap makanan baru berulang kali sebelum akhirnya mau memakannya. Bicarakan mengenai warna, bentuk, aroma, dan tekstur makanan. Sajikan makanan baru dengan makanan favorit anak.
     
  4. Jadikan makan kegiatan yang menyenangkan.
    Potong-potong makanan ke dalam berbagai bentuk yang menarik. Sajikan makanan dengan berbagai macam warna.
     
  5. Libatkan anak Anda.
    Di toko atau pasar, minta anak untuk membantu Anda memilih buah, sayuraan, dan makanan sehat lain. Jangan beli apa pun yang Anda tidak inginkan untuk dimakan anak Anda. Di rumah, ajak anak untuk mencuci sayuran atau menyiapkan meja makan.
     
  6. Beri contoh yang baik.
    Jika Anda makan berbagai makanan sehat, anak Anda akan mengikutinya.
     
  7. Berusaha kreatif.
    Tambahkan brokoli atau paprika ke dalam saus spaghetti, hias sereal dengan potongan buah, dll.
     
  8. Kurangi distraksi.
    Matikan televisi dan peralatan elektronik lain pada jam makan. Hal ini akan membantu anak Anda fokus dalam kegiatan makannya. Iklan televisi juga dapat menggoda anak Anda untuk memakan makanan yang manis.
     
  9. Jangan tawarkan makanan pencuci mulut sebagai “hadiah”.
    Berikan makanan pencuci mulut yang manis 1 – 2 kali saja dalam seminggu atau ganti dengan buah dan yogurt.
     
  10. Jangan siapkan makanan alternatif.
    Walau anak tidak mau makan, ajak anak untuk tetap duduk di tempat makannya selama jam makan. Terus sajikan makanan sehat sampai anak terbiasa dengannya.

 

Sebagai tambahan, catatlah jenis dan banyaknya makanan yang dimakan selama 3 hari terakhir oleh buah hati Anda. Bila Anda khawatir, Anda dapat membawa catatan tersebut dan mendiskusikannya dengan dokter anak Anda. Ingatlah bahwa kebiasaan makanan tidak dapat diubah dalam waktu satu malam, namun langkah-langkah kecil yang Anda lakukan sekarang dapat membantu membentuk kebiasaan makan sehat pada anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar