Sukses

Ragu operasi varikokel

19 Oct 2014, 09:50 WIB
Pria, 29 tahun.
Dear Dokter yang saya hormati, Saya ada keluhan soal Verikokel dok, gejala ini saya rasakan sudah lama sejak SMU, ketauannya waktu saya mau test masuk tentara dan saya divonis verikokel, sejak saat itu saya menjadi tidak percaya diri, dan saya sempat mencari informasi soal bagaimana cara penyembuhannya, namun rata-rata semua menganjurkan untuk operasi. terus terang saya masih takut, namun apabila tidak segera diobati saya khawatir tidak memiliki keturunan nantinya, Mohon saran dok tahap awal saya harus bagaimana, karena saya ingin sembuh dan memiliki keturunan, dan selain operasi adakah pengobatan yang tanpa operasi? kalau didaerah bekasi atau bandung dimanakah tempat yang bisa saya kunjungi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut soal penyakit saya ini. demikian saya sampaikan salam indiebayu
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Saudara yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum (buah zakar) yang mendarahi testis atau dengan kata lain adalah varises yang terdapat di kantung zakar. Penyebab dari varikokel ini diantaranya adalah idiopatik  (tidak diketahui) yang disebabkan karena fungsi katup vena yang tidak bekerja sempurna.

Varikokel umumnya terjadi pada 15-20% pria dan penyebab gangguan kesuburan pada 40% pria. Penyebab lain adalah varikokel sekunder yang disebabkan oleh penekanan pada vena yang umumnya terjadi akibat keganasan di rongga panggul / perut. Biasanya terjadi pada pria di atas usia 40 tahun.

Beberapa gejala dari varikokel adalah dapat  terlihat adanya pembengkakan pada skrotum dan rasa nyeri serta rasa berat. Jika dipegang, dapat terasa seperti kita memegang kantung yang berisi banyak cacing.

Tidak semua varikokel membutuhkan operasi, yang memerlukan operasi adalah :
1. Jika varikokel tersebut dapat teraba (sudah cukup besar)
2. Jika suami dan istri terbukti ada infertilitas
3. Jika istrinya subur
4. Jika hasil tes sperma pada laki-laki membuktikan adanya gangguan

Pria dengan varikokel belum tentu memiliki hasil analisis sperma yang kurang baik. Tergantung dari seberapa besar gangguan varikokel tersebut. Namun pria dewasa yang memiliki varikokel disertai analisis semen (kualitas dan kuantitas sperma) yang abnormal dan berniat untuk memiliki anak, maka disarankan untuk melakukan terapi pada varikokelnya, yaitu operasi. Repair atau perbaikan dari varikokel telah dibuktikan berdasarkan penelitian dapat memperbaiki kualitas dan kuantitas sperma atau dalam kata lain dapat memperbaiki kesuburan.

Untuk pemeriksaan secara langsung akan kondisi Anda ini, kami sarankan Anda  untuk bertemu dengan dokter spesialis urologi yang terdapat di kota Anda. Sehingga dapat diketahui seberapa berat varikokel dan tata laksana yang sesuai.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar