Sukses

Jenis Nyeri Kepala

07 Nov 2014, 15:15 WIB
Pria, 20 tahun.

dok setelah pernh sekali pusing yg ky mo jatuh... sy jd serg pusing terutama mata nyut2...sudah ke dkter mata trs terindikasi +0.25 dan silinder -0.5 sudah pke kacamata tp pusing nyut2nya masih.....nyut2nya continue cman kadg2 kenceng kadg ngga....solusinya gmn ya dok.....tlg penejlasanya terima kasih banyak sebelumya

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyebab sakit kepala banyak sekali dan untuk menegakkan diagnosisnya diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Namun izinkan kami menjelaskan tentang berbagai penyebab nyeri kepala. Sungguh mengganggu apabila kita sedang semangat beraktivitas, sakit kepala datang serta-merta dan merusak segalanya. Ketika saat ini datang, janganlah terburu-buru meminum obat, kenali dulu sifat sakit kepala Anda!

Sakit pada kepala tidak selalu berarti ada masalah yang bersumber di kepala Anda, sakit kepala juga seringkali diakibatkan adanya kelainan pada bagian tubuh yang lain, misalnya mata. Pada penyakit glaukoma, tidak jarang sakit kepala dikeluhkan pasien, berikut ini akan dipaparkan beberapa penyebab sakit kepala yang sering dijumpai :

  • Sakit Kepala Berdenyut

Sakit kepala yang sifatnya berdenyut, dirasakan di satu sisi, dan membuat Anda ingin berada di ruangan gelap yang hening adalah ciri khas dari nyeri kepala akibat migrain. Migrain tidak selalu hanya menyerang satu sisi kepala saja, kadang bisa keduanya, penderita migrain sangat terganggu dalam aktivitasnya. (Baca: Salah Kaprah Migrain)

  • Sakit Kepala Serasa Diikat Tali Kencang

Sakit kepala yang dirasakan seperti kepala yang diikat dengan tali, terjadi berhari-hari, adalah nyeri kepala jenis Tension Type Headache (TTH), sakit kepala jenis ini bisa menyerang Anda berhari- hari lamanya, tetapi tidak memburuk seiring Anda beraktivitas. (Baca: 6 Tanda Sakit Kepala Anda Sudah Berbahaya)

  • Sakit Kepala Terasa Memberatkan Kepala

Sakit kepala yang berat sekali, dirasakan juga di belakang mata dan membuat hidung Anda berair, adalah sakit kepala jenis klaster (Cluster Headache). Sakit kepala jenis ini sangat berat dan dapat membuat Anda terbaring tak berdaya. (Baca: Sering Pusing, Tengkuk Kaku dan Mudah Lupa?)

  • Sakit Kepala Berat dan Mata Susah Melihat

Sakit kepala yang berat, disertai dengan penurunan penglihatan drastis, dan mata merah disebabkan oleh glaukoma tipe akut, sakit ini membutuhkan pertolongan segera.

  • Sakit Kepala dengan Demam

Sakit kepala yang disertai demam, sakit pada leher dan membuat Anda tidak bisa menengok, biasanya disebabkan infeksi selaput otak atau dikenal dengan nama meningitis.

Demikian beberapa jenis nyeri kepala yang sering dialami. Apabila kelainan mata Anda telah dikoreksi oleh kacamata dengan ukuran sesuai, ada baiknya Anda konsultasi dengan dokter segera untuk mengetahui penyebab dari nyeri kepala Anda. Dokter akan melakukan wawancara langsung yang  menyeluruh dan pemeriksaan fisik lengkap untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar