Sukses

Terserang Stroke tetapi Tekanan Darah Normal, Bisakah?

08 Nov 2014, 09:15 WIB
Pria, 18 tahun.

Saya memiliki paman yang sakit stroke. ternyata setelah di periksa pembuluh darah nya pecah dan memerlukan operasi. Tekanan darah normal 120/80. hanya saja gula dalam darah nya baru diketahui 600. apakah operasi yang akan dilakukan berbahaya/beresiko? bagaimana sistematisnya setelah operasi?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.


Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penanganan stroke tergantung tahapan dari penyakitnya. Selain itu, untuk pengobatan yang tepat memerlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Penanganan awal dari orang yang terkena serangan stroke adalah dengan membawanya ke rumah sakit sesegera mungkin karena jika tidak ditangani dengan segera dapat menyebabkan kematian.

Stroke termasuk penyakit serebrovaskuler (pembuluh darah otak) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Berkurangnya aliran darah dan oksigen ini bisa dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah. Oleh karena itu stroke dapat dibagi menjadi dua, yaitu stroke iskemi (penyumbatan) dan stroke hemoragik (pecahnya pembuluh darah). 

Apakah pasien stroke pasti memiliki hipertensi/tekanan darah tinggi?

Jawabannya tidak. Pada stroke hemoragik, terdapat pembuluh darah di otak yang pecah, umumnya terjadi akibat tekanan darah yang tinggi yang dapat dipicu oleh berbagai hal. Sedangkan Pada stroke iskemi, terjadi sumbatan pada pembuluh darah otak. Sumbatan ini dapat disebabkan karena gumpalan pembuluh darah atau lemak, maupun karena berkurangnya aliran darah ke otak (hipoperfusi) yang bisa disebabkan karena gangguan pompa jantung. 

Adakah hubungan stroke dan gula darah tinggi?

Gula darah yang tinggi dapat sebagi pemicu stroke. Pada Diabetes melitus atau gula darah tinggi, terjadi gangguan dalam meregulasi kadar gula dalam darah dan adanya gangguan pada proses transportasi glukosa dari darah ke sel-sel tubuh, menyebabkan gula darah meningkat. Sedangkan gula adalah zat yang dibutuhkan seluruh sel didalam tubuh sebagai bahan bakar untuk menciptakan energi, termasuk pada sel otak. 

Bagaimana dengan operasi stroke?

Tidak semua stroke memerlukan tindakan operasi. Ada beberapa pertimbangan tertentu yang perlu diperhatikan sebelum dokter bedah saraf memutuskan untuk operasi. Tentunya dokter saraf telah terlebih dahulu mempertimbangkan keputusan terbaik sesuai dengan kondisi paman Anda. Untuk penjelasan yang lebih akurat, kami sarankan untuk kembali berkonsultasi kepada dokter saraf paman Anda. 

Setelah mendapatkan pengobatan, pasien harus dipulihkan terlebih dahulu agar tubuh mereka kembali kuat dan organ tubuhnya dapat berfungsi dengan baik.  Tips dalam pemulihan pasca operasi yaitu; 

  • Tahap pemulihan pasca operasi stroke yang pertama yaitu menghindari pengkonsumsian alkohol atau kafein. Dengan memperbanyak minum air putih dapat melancarkan pembuluh darah untuk mengangkut oksigen ke otak. Dengan begitu akan terhindar dari rasa sakit kepala.
  • Konsumsi obat yang telah diberikan oleh dokter secara rutin. Jangan lupa untuk selalu memeriksa tekanan darah secara teratur. .
  • Mengelola diabetes. Kadar gula dalam darah tinggi menjadi salah satu penyebab penyakit stroke. Untuk itu, kelolalah diabetes dengan melakukan diet sehat, berolahraga, mengontrol berat badan, atau dengan mengkonsumsi obat untuk menangani penyakit diabetes.
  • Berhenti menggunakan tembakau. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko stroke. Bukan hanya perokok saja, melainkan juga bagi orang yang menghisap asap rokok juga akan terkena dampaknya. Dengan berhenti menggunakan tembakau, risiko stroke dapat diminimalisir.
  • Makan diet kaya buah-buahan dan sayuran.
  • Menjaga berat badan yang sehat. Kurangi berat badan hingga berada pada berat badan yang ideal.

 


Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:
Stroke, Penyebab Utama Kecacatan (31 October 2014)
Penyakit Stroke dan Jantung Dipengaruhi Pendapatan Nasional (31 October 2014)
Tiga Pisang Sehari bisa Anti-Stroke (31 October 2014)
Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke (31 October 2014)
5 Gejala Stroke (31 October 2014)


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 
Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar