Sukses

Mata Perih : Gejala PMS?

09 Nov 2014, 12:35 WIB
Wanita, 27 tahun.

terimakasih atas jawaban dokter sebelumnya perlu saya tambahkan sedikit saja, perihnya mata saya rasanya seperti iritasi/kurang cairan dan hanya terjadi saat2 akan mendapatkan haid (5-3 hari sebelumnya) setelah itu,perih akan hilang dengan sendirinya. kejadian ini selalu saya alami tiap bulan,sehingga saya ingin tahu,apakah memang ada kaitannya antara gejala sebelum haid dengan ini.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Rasa perih pada mata dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, namun yang paling sering adalah akibat mata kering, trauma pada mata, iritasi ataupun infeksi pada mata. Saat kering,  mata akan memiliki refleks berkedip untuk mengeluarkan air mata untuk melembabkan mata. Sebetulnya banyak faktor yang menjadi penyebab mata kering, di antaranya adalah faktor usia dan lingkungan. Meskipun banyak dijumpai orang yang menderitanya, mata kering dapat diatasi dengan mudah dengan cukup perawatan di rumah. Mata yang kering dapat menimbulkan berbagai macam gejala.

Berikut merupakan gejala-gejala yang sering dikeluhkan oleh penderita dengan keluhan mata kering :

  • Rasa tidak nyaman dimata seperti ada yang mengganjal ataupun perih
  • Mata menjadi merah
  • Mata akan sering berkedip
  • Mata akan lebih sensitif terhadap paparan debu, asap rokok, asap kendaraan, cahaya lampu ataupun sinar matahari
  • Mata menjadi lebih mudah lelah jika berhadapan dengan layar televisi ataupun komputer

Mata perih bukan merupakan salah satu dari gejala premenstrual sindrome(PMS). Jadi, keluhan mata perih seperti iritasi seperti yang Anda keluhkan mungkin merupakan keadaan yang disebabkan oleh kondisi lain seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan Anda adalah dengan menggunakan tetes mata yang berisi air mata buatan yang banyak tersedia di pasaran, memakai kacamata hitam dengan UV-filter ketika beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi mata dari angin dan pengaruh sinar ultraviolet di terik matahari, mengatur kelembaban rumah antara 60% - 80%, mengompres mata dengan air hangat, jangan menahan berkedip. Selain itu, menutup mata selama 10 detik setiap 10 menit akan memberikan rasa nyaman pada mata.

Apabila setelah melakukan kiat-kiat tersebut keluhan Anda belum membaik atau bertambah parah, ada baiknya bila Anda berkonsultasi kepada dokter mata untuk mencari penyebabnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam                                

0 Komentar

Belum ada komentar