Sukses

gigi anak Down Syndrome

20 Oct 2014, 00:32 WIB
Wanita, 22 tahun.
Adik saya mengidap downsydrom sekarang berusia 8 tahun. Tapi kenapa gigi susunya masih kuat dan belum copot?Sehingga saat ini ketika ada gigi dewasa nya tumbuh menindih gigi susunya.Apakah memang seperti itu untuk penderita DS? Terimakasih.
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Sdri yang terhormat,
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Klikdokter.com
Pola erupsi gigi anak yang menderita Down Syndrome sebetulnya tidak jauh berbeda dengan anak tanpa Down Syndrome. Namun salah satu gejala yang dialami adalah gangguan motorik, termasuk juga motorik rahang. Kondisi ini menyebabkan kurangnya gerakan pengunyahan, padahal pengunyahan adalah salah satu yang merangsang pertumbuhan rahang dan gigi. Dengan demikian, anak Down Syndrome berpotensi untuk mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi serta persistensi gigi susu (gigi susu masih belum goyang padahal sudah waktunya).

Jika memang gigi tetapnya sudah tumbuh, ada baiknya gigi susu segera dicabut agar tidak mengganggu pertumbuhan gigi tetap dan supaya posisi gigi tetap tidak berjejal. Namun perlu diperhatikan juga seberapa tingkat keparahan Down Syndrome pada adik Anda. Pasien dengan Down Syndrome yang "severe" atau "berat" umumnya lebih sulit untuk kooperatif dalam menerima perawatan medis termasuk gigi, dan juga sulit untuk diam, cenderung terus-menerus bergerak. Oleh karena itu sebaiknya adik Anda ditangani oleh dokter gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak (drg. Sp.KGA) yang lebih mendalami manajemen anak termasuk anak2 dengan kondisi khusus. Sekaligus juga untuk mengedukasi pasien serta keluarganya bagaimana cara perawatan gigi anak dengan Down Syndrome.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda. Jika masih ada yang kurang jelas dan masih ingin ditanyakan, silakan layangkan kembali pertanyaan Anda ke redaksi Kami.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar