Sukses

Bisul pada Kemaluan

07 Nov 2014, 00:53 WIB
Pria, 18 tahun.

misi dok saya mau bertanya dong, dikemaluan saya (pria) ada bisul. padahal saya tidak pernah hub sexx ataupun apa, tp mengapa yah terdapat bisa bisul dikemaluan?? mohon penjelasannya dan cara mengobatinya trimakasih

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Daerah bokong dan selangkangan merupakan bagian tubuh yang mudah lembab karena merupakan area bagian yang tertutup dan terlipat. Terdapat faktor yang mempengaruhi kelembaban di daerah tersebut seperti aktifitas fisik, kondisi tubuh yang sering berkeringat, berat badan, suhu lingkungan, dan jenis pakaian/celana dalam yang tidak menyerap keringat. Kulit yang lembab merupakan suasana yang baik untuk pertumbuhan kuman dan jamur.

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh. 

Penyembuhan bisul tergantung ukuran dan keparahan bisul. Jika bisul masih kecil, maka bisa digunakan salep antibiotik. Namun jika sudah besar membentuk abses maka harus diinsisi dan dikeluarkan nanahnya. Untuk mengobati suatu penyakit diperlukan pemeriksaan menyeluruh terlebih dahulu.

Sedangkan gejala dari infeksi jamur adalah gatal, berbau, lembab, dan kulit mudah iritasi/kemerahan. 

Bagaimana cara mencegah infeksi jamur?

  • Bersihkan daerah selangkangan setiap hari dan kemudian dikeringkan dengan kain. Pakai celana dalam setelah area selangkangan kering. 

  • Ganti celana dalam setiap hari. 

  • Jangan menggunakan handuk bersama-sama dengan orang lain. Gunakan handuk bersih, cuci handuk sesering mungkin.

  • Jangan menggunakan celana atau celana dalam yang terlalu ketat

  • Menurunkan berat badan. Seseorang dengan berat badan lebih memiliki risiko terkena infeksi jamur lebih tinggi.

  • Segera mandi setelah melakukan aktifitas fisik dan membuat Anda banyak berkeringat.

Segera periksakan ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pengobatan. Jika memang terbukti ditemukan adanya infeksi jamur, maka Anda akan mendapatkan salep jamur dan obat untuk mengurangi rasa gatal. Pengobatan untuk jamur biasanya membutuhkan waktu agak lama, sekitar 2-4 minggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar