Sukses

Penyebab Rabun Jauh

08 Nov 2014, 18:33 WIB
Pria, 18 tahun.

apa penyebab rabun jauh?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.com

Miopia (rabun jauh) adalah suatu kelainan refraksi pada mata dimana kemampuan mata untuk melihat jauh menjadi berkurang, namun mata masih mampu untuk melihat dekat dengan baik. Miopia terjadi jika kornea terlalu cembung dan lensa berkekuatan lebih besar atau jika bola mata terlalu panjang sehingga titik fokus sinar yang dibiaskan akan jatuh di depan retina.

Gejala Miopia : 
Fokus bola mata hanya mampu melihat obyek dekat, tetapi kabur bila melihat obyek-obyek yang jauh letaknya. Sehingga sering dikenal dengan rabun jauh .

Faktor Penyebab Miopia :
1. Hereditas
sering didapati bahwa pada sebuah keluarga dengan kondisi miopia,  anak-anak dan orang tua yang menderita miopia.
2. Peningkatan tekanan intraokuler
pemanjangan bola mata bukan sebagai akibat dari melemahnya lapisan bola mata, tapi sebagai akibat dari peningkatan tekanan intraokuler.
3. Akomodasi
Secara normal, mata tidak diperuntukkan bagi penglihatan dekat. Karena mata dipakai terlalu sering untuk penglihatan dekat, terjadilah akomodasi yang cenderung menimbulkan miopia yang sebenarnya ,seperti membaca atau melihat suatu obyek terlalu dekat , atau membaca ditempat yang kurang penerangannya .
4. Nutrisi

  • Kekurangan vitamin B, yang disebabkan karena diet atau kekurangan vitamin B juga dapat berpengaruh pada saraf optik dan penglihatan, serta peningkatan cairan bola mata yang dapat mengakibatkan glaukoma, rabun jauh, ataupun gangguan penglihatan yang lain.

  • Kekurangan elemen gizi pada makanan secara keseluruhan dapat menyebabkan rabun jauh bertambah. Konsumsi daging atau protein lain, hati, sayuran hijau segar, citrus (jeruk), dan garam dapur yang cukup, dapat membantu pencegahan terhadap perkembangan rabun jauh pada anak.

5. Penggunaan mata pada jarak dekat dan posisi yang tidak tepat (berbaring)
6. Pencahayaan kurang
7. Penyakit sistemik (Diabetes Mellitus)
8. Katarak dan glaukoma
9. Obesitas

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar