Sukses

Penerbangan: Bayi & Ibu Hamil

20 Oct 2014, 07:58 WIB
Wanita, 26 tahun.
hy dokter aq mau tanya, bayi baru boleh di bawa naik pesawat usia berapa yah? dan kandungan usia berapa bisa naik pesawat karena gini, aq kan di jakarta rencana melahirkan di medan, sementara cuti melahirkan 3 bulan dari kantor. bagaimana jika saya mau pulang ke medan apa aman di usia kandungan 9 bulan dan usia bayi saya 2 bulan bisa tidak di bawa naik pesawat kembali ke jakarta tq
Admin KlikDokter

Dijawab Oleh:

Admin KlikDokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.


Menjaga kehamilan tentu sangat penting. Wanita hamil disarankan untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dan tidak boleh terlalu lelah. Terlebih lagi, untuk wanita hamil yang telah cukup bulan atau mendekati tanggal perkiraan persalinan, sebaiknya menjaga kondisi kesehatannya dan tetap waspada terhadap tanda-tanda persalinan yang mungkin muncul lebih cepat dari perkiraan. Kami tidak menyarankan perjalanan jauh bagi wanita hamil yang telah cukup bulan dan mendekati tanggal persalinannya. Anda sebaiknya mendiskusikan penerbangan Anda dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk memastikan kondisi Anda dan mendiskusikan kapan sebaiknya Anda melakukan penerbangan. Secara umum, usia 3-7 bulan merupakan usia kehamilan yang ideal untuk melakukan penerbangan, tentunya dengan kondisi kehamilan yang sehat dan tidak bermasalah.

Hingga usia 6 minggu sebenarnya sangat rentan untuk membawa bayi bepergian dengan pesawat terbang karena kondisi bayi yang masih rentan terhadap berbagai kuman penyakit yang terdapat dalam ruangan pesawat. Namun secara umum, setelah usia 2 minggu, bayi sudah dapat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Anda hanya perlu memastikan kondisi bayi Anda pada dokter spesialis anak Anda bahwa bayi Anda tidak sedang mengalami infeksi saluran telinga atau saluran pernapasan. Untuk mengatasi perbedaan tekanan di telinga tengah bayi Anda, Anda dapat membuat bayi Anda mengisap botol saat pesawat lepas landas atau mendarat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar