Sukses

Kualitas sperma pasca operasi varikokel

06 Nov 2014, 14:18 WIB
Pria, 34 tahun.

dokter yth,setelah operasi varikokel,berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan sperma yang baik? karena sebelumnya saya pernah mendengar kalau dibutuhkan waktu kurang lebih 4 tahun untuk bisa menghasilkan sperma yang baik dan bisa memungkinkan istri hamil. terima kasih dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Varikokel adalah dilatasi (pelebaran) pada pembuluh darah balik buah zakar (testis). Pada pria sehat, kemungkinan menderita varikokel adalah 15% dan dari 40% pria yang menderita infertilitas (kemadulan) disebabkan varikokel.

Penyebab varikokel belum diketahui dengan pasti. 95% varikokel terjadi di testis kiri, hal ini terjadi karena bentuk pembuluh darah testis kiri yang lebih tegak lurus dan panjang sehingga lebih sulit melawan gravitasi dan membuat aliran darah balik menumpuk sehingga menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Walaupun hanya mengenai sebelah kiri, tapi akibat yang ditimbulkan mengenai kedua testis.

Biasanya varikokel ini tidak menimbulkan gejala apapun, bahkan kadang tidak disadari oleh penderitanya. Gejala yang mungkin dikeluhkan adalah ketidaknyamanan akibat buah zakar yang membesar pada posisi duduk atau berdiri lama. Kemudian bila anda berbaring maka ukuran buah zakar kembali normal. Gejala lainnya adalah :

  • Benjolan seperti cacing berkelok-kelok di permukaan skrotum
  • Nyeri pada buah zakar
  • Buah zakar yang terkena tergantung lebih rendah dari yang normal
  • Bila gejala berlangsung terlalu lama, maka testis akan mengecil (atrofi)

Terapinya adalah operasi, tetapi  operasi dilakukan bila telah timbul gangguan yang nyata seperti nyeri atau perbesaran skrotum atau memang telah terbukti bahwa penyebab infertilitasnya adalah varikokel. Saat ini telah dilakukan terapi non-operatif embolisasi yaitu penyumbatan pada vena yang melebar.

Setelah dilakukan operasi, pada 1-2 bulan pertama keadaan scrotum hampir sama dengan keadaan sebelum dioperasi, tetapi tentunya ini terkadang berbeda antara 1 orang dengan orang yang lain, tergantung reaksi tubuh dan keparahan penyakit. Setelah 4-6 bulan dari operasi, jika tidak terjadi varikokel lanjutan, kualitas sperma mulai membaik dimana sperma mulai kental, warnanya memutih dan meningkat volumenya.

Olahraga kecil akan membantu mempercepat penyembuhan pasca operasi varikokel. Hindari olahraga yang membuat anda mengejan. Cukup jalan kaki di pagi hari dan jogging jika sudah yakin luka operasinya sembuh.

Berikut beberapa artikel yang mungkin dapat membantu Anda:
5 Tips Sperma Sehat 
Makin Gemuk, Sperma Makin Sedikit
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam, 

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar