Sukses

Sakit Jantung atau Sakit Lambung?

30 Oct 2014, 13:42 WIB
Pria, 26 tahun.

saya bbrp bulan lalu menderita sesak napas kemaren ini saya tes ronget, darah dan EKG dengan hasil normal hanya saja hasil EKG aritmia (RR IRREGULER) INCOMPLETE RBBB?kemudian saya periksa ke dokter spesialis jantung dan juga melakukan tes echocardiography, menurut ahli jantung tsb saya baik2 saja..jantung normal dan tidak ada aritmia tetapi sampai hari ini saya setiap hari masih merasakan jantung debar2 (palpitasi) lambung juga tidak enak..bagaimana pendapat anda? dan apakah aritmia itu bisa di deteksi lewat echocardiography? terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 

Sesuai dengan keluhan yang Anda rasakan, maka dapat dipikirkan kemungkinan  Anda mengalami gangguan maag, gangguan jantung, gangguan paru-paru, atau gangguan psikis (psikosomatik). Gangguan psikosomatis merupakan gangguan atau keluhan-keluhan yang dirasakan berhubungan dengan kondisi psikis, misalnya bila seseorang mengalami tekanan mental (stress) maka keluhan-keluhan dapat muncul termasuk rasa sesak, cemas, berdebar-debar, dll. Untuk memastikan diagnosisnya tentu diperlukan pemeriksaan tambahan, misalnya rontgen dada dan EKG ulang.
Pemeriksaan endoskopi dapat saja dilakukan, namun menurut kami, lebih baik dilakukan pemeriksaan rontgen dada dan EKG terlebih dulu. Beberapa indikasi untuk melakukan endoskopi adalah bila ditemukan kesulitan menelan, berat badan berkurang, buang air besar berdarah atau berwarana hitam, anemia, atau gangguan maag kronik pada usia > 45 tahun. Bila tidak ditemukan tanda-tanda di atas, maka pemeriksaan endoskopi dapat ditunda atau tidak dilakukan.
Saran kami, Anda berobat ke dokter spesialis Ilmu Penyakit Dalam. Bila perlu, Anda dapat juga berobat ke psikiater bila Anda mengalami kekhawatiran berlebih terhadap penyakit Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar