Sukses

Periode Refraktori

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Pria, 32 tahun.
Asslm, Selamat malam. Dokter apabila setelah melaksanakan hubunga intim dengan istri selesai dan akan melaksanakan untuk yang kedua kali kenapa butuh waktu 1-2 jam mr.P bari berdiri lagi??? Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah setia menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Perbedaan utama antara fase orgasmik wanita dan pria adalah jauh lebih banyak wanita daripada pria yang memiliki kemampuan fisik untuk mencapai satu atau lebih orgasme tambahan dalam waktu singkat tanpa jatuh di bawah tingkat kenaikan gairah seksual. 
 
Mengalami orgasme berulang tergantung pada rangsangan dan minat seksual berkelanjutan. Karena semuanya ini tidak terjadi setiap kali bagi kebanyakan wanita, orgasme berulang tidak terjadi pada setiap hubungan seksual. Di sisi lain, saat berlangsungnya ejakulasi, pria memasuki tahap pemulihan yang disebut periode refraktori.
 
Periode refraktori dikenal juga sebagai parameter interval antara jeda kemampuan ereksi. Hal ini sudah sifat alamiah kebanyakan pria dan sangat wajar. Dimana selama waktu periode ini, orgasme atau ejakulasi lebih lanjut secara fisik tidak mungkin. Namun, beberapa pria bisa belajar mendapat orgasme tanpa berejakulasi, dengan demikian menjadikannya mungkin untuk mengalami orgasme berulang. 
 
Selama periode refraktori ini, laki-laki merasakan sensasi relaks dan mendalam, biasanya terasa di paha dan perut bawah. Usia mempengaruhi waktu pemulihan, dimana pria muda lebih cepat pulih daripada pria tua, walaupun hal ini tidak universal.
 
Penyebab relaks dan lemas tersebut difaktori oleh infusi hormon oksitosin ketika ejakulasi. Begitu ejakulasi berakhir, kadar hormon oksitosin meningkat hingga mencegah ereksi dan bahkan membuat penis hipersensitif.
 
Zat kimia lain yang yang diduga bertanggung jawab adalah prolaktin, dimana berperan menekan zat dopamin yang berperan dalam pemicu rangsangan seks. 
 
Jumlah hormon prolaktin mempengaruhi panjang waktu periode refraktori. Bisa beberapa menit, bisa sampai satu hari, tergantung individu. Rata-rata pria usia 18 tahun cukup selama 15 menit sementara usia 70 tahun perlu sekitar 20 jam. Rata-rata pria mengalami masa refraktori setengah jam.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DA)
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar