Sukses

Alergi ASI?

22 Aug 2010, 08:08 WIB
Wanita, 23 tahun.
anak saya usia 3 bln.anak saya minum ASI.kebetulan dia alergi dgn makanan laut (seafood - udang,ikan laut).jd di bdn nya ada bentol2 nya kalau saya mkn mknan laut.jd saya berhenti mkn mknan laut.tp walau saya berhenti mkn,anak saya tetap timbul bentol2.paling byk di area kepala.apakah ada kemungkinan dia alergi telur? wkt saya periksakan diberinya obat salep.( perempuan, 23 thn,158 cm,63 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Alergi merupakan reaksi imunitas (kekebalan tubuh) terhadap alergen yang berasal dari lingkungan. Ketika seorang anak berkontak dengan alergn, baik menyentuhnya, menghirup, memakan, atau disuntikkan, tubuh sang anak akan mengenali alergen tersebut sebagai benda asing yang harus diberantas sehingga keluarlah histamin dan berbagai zat kimia lain dari dalam tubuh untuk menghancurkan alergen tersebut. Reaksi inilah yang menimbulkan berbagai keluhan dalam tubuh.

Keluhan yang dapat terjadi akibat alergi berbeda-beda pada setiap individu, dapat berupa bersin, hidung berair, gatal dan bentol di tubuh, batuk, sesak, sampai dengan syok. Gejala bisa beintensitas ringan, sedang, sampai berat tergantung dari jenis alergen dan reaksi dalam tubuh.

Keluhan gatal dari bayi Anda mungkin saja disebabkan alergi atau mungkin disebabkan oleh hal lain, seperti infeksi atau jamur. Keluhan alergi ketika minum ASI umumnya jarang terjadi. Alergi umumnya baru terlihat ketika anak memulai makanan padat. Apabila memang alergi akibat dari ASI berkaitan dengan makanan yang Anda makan, maka jenis makanan yang paling banyak menyebabkan alergi adalah jenis makanan laut, telur, dan jenis protein lain (seperti ayam negeri) sebaiknya dikurangi konsumsinya.

Apabila keluhan berlanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar