Sukses

gigi graham berlubang & berdarah

20 Oct 2014, 08:39 WIB
Pria, 25 tahun.
dok sy punya 2 gigi graham kedua dari belakang berlubang ,suka berdarah apakah perlu dicabut bahaya gak kalau dicabut( laki-laki, 25 thn,173 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudara yang terhormat, 
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Klikdokter.com
Pertama-tama perlu dipastikan dulu, darimana darah tersebut berasal. Apakah dari gigi atau dari gusi?JIka dari dalam gigi, bisa jadi telah terjadi kondisi yang disebut polip pulpa, yang tampilannya seperti ada "daging" yang tumbuh keluar dari dalam lubang gigi. Bila memang ini yang terjadi, memang bisa saja berdarah jika terkena sentuhan keras misalnya saat sikat gigi atau terkena makanan keras. Solusinya gigi sebisa mungkin dipertahankan dan tidak dicabut, dan dilakukan perawatan saluran akar. Setelah perawatan, gigi direstorasi, bisa dengan mahkota tiruan atau tambalan logam tuang bergantung pada seberapa banyak jaringan gigi yang masih tersisa.

Jika darah keluar dari gusi, ini adalah salah satu tanda peradangan gusi dan penyebabnya bisa bermacam-macam. Yang paling umum adalah karena kebersihan gigi dan mulut yang kurang baik dan banyak penumpukan plak. Plak mengandung banyak sekali bakteri yang dapat menyebabkan gusi meradang. Apalagi jika pembersihan plak kurang baik sehingga plak mengeras menjadi karang gigi. Karang gigi yang menumpuk menyebabkan gusi meradang dan mudah berdarah. Perlu dilakukan pembersihan karang gigi oleh dokter gigi, karena karang gigi tidak dapat dibersihkan sendiri dengan sikat gigi.

Untuk memastikan apa yang sesungguhnya terjadi pada gigi Anda, harus tetap dilakukan pemeriksaan secara klinis. Apa yang saya kemukakan disini hanya berdasarkan dugaan dan tidak dapat menggantikan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Tentu masih ada kemungkinan lainnya. Segera periksakan gigi Anda ke dokter gigi yang berkompeten agar dapat segera mendapatkan perawatan. 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg.Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar