Sukses

Varikokel pengaruhi kesuburan?

20 Oct 2014, 07:09 WIB
Wanita, 30 tahun.
saya ingin menkonsultasikan mengenai kondisi sperma suami saya(berdasarkan hasil lab): Makroskopik:volume 3,30; liqiufaksi 10;viscositas
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Oligoasthenoteratozoospermia

Oligoasthenoteratozoospermia atau OAT adalah kondisi yang mencakup oligozoospermia (jumlah sperma sedikit), asthenozoospermia (pergerakan sperma tidak normal), and teratozoospermia (bentuk sperma abnormal). Kondisi ini merupakan salah satu penyebab gangguan kesuburan pada pria.

Varikokel

Gangguan kesuburan tidak hanya disebabkan oleh varikokel saja, namun varikokel dapat menjadi salah satu penyebab gangguan kesuburan. Varikokel yang sebenarnya merupakan varises di kantung zakar adalah pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum (buah zakar) yang mendarahi testis. Penyebab dari varikokel ini diantaranya adalah idiopatik yang disebabkan karena fungsi katup vena yang tidak bekerja sempurna.

Varikokel umumnya terjadi pada 15-20% pria dan penyebab gangguan kesuburan pada 40% pria. Penyebab lain adalah varikokel sekunder yang disebabkan oleh penekanan pada vena yang umumnya terjadi akibat keganasan di rongga panggul / perut. Biasanya terjadi pada pria di atas usia 40 tahun.

Pada penderita varikokel, dapat terlihat adanya pembengkakan pada skrotum dan rasa nyeri serta rasa berat. Jika dipegang, dapat terasa seperti kita memegang kantung yang berisi banyak cacing. Apakah suami Anda mengalami gejala tersebut?

Sel darah merah dan sel epitel negatif, apa maksudnya?

Sel darah merah dan epitel negatif berarti tidak ditemukan adanya sel darah merah ataupun sel epitel pada cairan semen. Dimana jika terdapat kedua sel tersebut, maka perlu dicurigai adanya perdarahan ataupun infeksi.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar