Sukses

Kanker hati, sembuh total?

19 Oct 2014, 03:18 WIB
Pria, 18 tahun.
selamat pagi dok,,, mohon izin bertanya. . .papah saya kan menderita penyakit kangker hati stadium 4,,trus apakah papah saya bisa di sembuhkan secara total dok,, .selamat pagi .terima kasih( laki-laki, 18 thn,175 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami perasaan Anda mengenai kondisi ayah Anda. Kanker hati  adalah pertumbuhan jaringan abnormal dan berlebihan di dalam hati. Kanker ini dapat berinvasi, bermetastasis (menyebar), dan menyebabkan destruksi atau penghancuran jaringan tubuh lainnya. Kanker merupakan terminologi neoplasma malignant atau tumor yang bersifat ganas. Pengobatan hepatoma sangat tergantung dari stadium kanker. Dapat berupa operasi, kemoterapi, transplantasi hati (belum terdapat di Indonesia). 

Angka kesembuhan dari kanker hati umumnya kurang baik, karena hanya 10-20% dari kanker hati yang dapat diangkat melalui operasi. Jika sel kanker tidak dapat diangkat, maka penyakitnya dapat menjadi fatal. Akan tetapi mereka yang bertahan sangat bervariasi jumlahnya.

Pada kanker stadium 4, umumnya pengobatan ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dengan cara mengobati komplikasi yang terjadi akibat kanker. Namun tentunya hal tersebut terjadi dari hasil kesepakatan antara dokter, pasien dan keluarga. Konsultasikan permasalahan ayah Anda dengan dokter ahli nya, yaitu dokter spesialis penyakit dalam dengan sub spesialisasi hepatologi.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar