Sukses

Tidak ada sel sperma

20 Oct 2014, 06:02 WIB
Pria, 33 tahun.
selamat pagi dok... saya cek analisa sperma dari hasil cek tersebut tidak ada sel spermanya apakah terjadi sumbatan disaluran sperma saya atau terjdi kerusakan ditempt produksi spermanya mohon bantuannya dok.. ( laki-laki, 33 thn,160 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Tidak ditemukan sel sperma dalam cairan ejakulat disebut juga dengan azoospermia. Kondisi ini  tidak serta-merta disebabkan oleh kurangnya produksi sperma, akan tetapi dapat juga disebabkan oleh sumbatan pada saluran sperma yang menyebabkan gangguan pada transportasinya.

Laki-laki dengan azoospermia yang disebabkan oleh sumbatan saluran sperma hanya memiliki dua pilihan terapi agar dapat memiliki keturunan, yaitu dengan operasi agar dapat membuahi secara alami, atau dengan bantuan alat (in vitro fertilization/intracytoplasmic sperm injection). Pembuahan yang dibantu dilakukan di luar tubuh perempuan. Sperma diambil dari kantung kemaluan laki-laki dengan cara dihisap dengan panduan USG, sedangkan sel telur diambil dari perempuan setelah ia mengalami stimulasi produksi folikel dengan pemberian obat tertentu. Sel telur diambil dari indung telur setelah terbentuk folikel-folikel. Setelah sel sperma membuahi sel telur yang diambil, hasil pembuahan tersebut akan dimasukkan kembali ke dalam rahim perempuan untuk selanjutnya berkembang sesuai kehamilan normal.

Bagaimanapun, yang terpenting saat ini adalah dengan mengonsultasikan diri Anda ke dokter spesialis andrologi, agar dapat diketahui penyebab azoospermia yang Anda alami baru dapat ditentukan terapi yang sesuai.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar