Sukses

Menurunkan Berat Badan

16 Aug 2010, 14:04 WIB
Wanita, 17 tahun.
dok, saya ditawarin untuk mencoba menurunkan berat badan dengan jalan alternatif yaitu dengan mengkonsumsi produk semacam minuman berprotein. namun harganya begitu mahal. karena saya juga masih pelajar, uang saku saya tidak cukup untuk membelinya. 1.apakah cara seperti itu benar-benar efectif? 2.adakah cara lain untuk menurunkan berat badan tanpa mengeluarkan banyak biaya? 3.manakah jalan terbaik untuk menurunkan berat badan? 4. kira-kira untuk mencapai berat badan ideal(45 kg) butuh waktu berapa lama? 5. mohon saran dari dokter. terimakasih.( perempuan, 17 thn,153 cm,59 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

1.apakah cara seperti itu benar-benar efectif?

Ada dua obat resep yang sudah di izinkan oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk pengobatan jangka panjang obesitas. Yaitu;

  • Sibutramine. Obat ini merubah persarafan di otak anda, yang membuat anda lebih cepat merasa kenyang. Efek samping obat ini meningkatkan tekanan darah, sakit kepala, mulut kering, konstipasi dan insomnia.

  • Orlistat (Xenical). Cara kerja obat ini adalah mencegah penyerapan lemak dalam usus anda. Lemak yang tidak terserap akan dibuang bersama tinja. Efek samping yang timbul adalah peningkatan gerakan usus. Karena obat ini juga akan menyerap nutrisi selain lemak, dokter anda akan menyarankan untuk mengkonsumsi multivitamin.   

Obat-obatan tersebut juga hanya diberikan jika penanganan dengan perubahan gaya hidup tidak dapat dicapai.
Indikator penting bagi dokter untuk memberikan obat-obatan adalah:

  • Metode penurunan badan yang lain tidak berhasil

  • Indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 27 dan mempunyai komplikasi medis dari obesitas seperti, diabetes, tekanan darah tinggi, atau sleep apneu.

  • IMT anda lebih dari 30

Penggunaan obat-obatan lainnya yang tidak diketahui bahan aktifnya, maka tidak dapat diketahui cara kerjanya, dan tidak dapat diketahui efektivitasnya maupun efek sampingnya.

2.adakah cara lain untuk menurunkan berat badan tanpa mengeluarkan banyak biaya? 3.manakah jalan terbaik untuk menurunkan berat badan?

Strategi menurunkan berat badan harus melakukan modifikasi diet, aktivitas fisik, kebiasaan dan hindari stress. Diet yang dianjurkan adalah makan yang secukupnya,  kurangi konsumsi makan-makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Kira-kira karbohidrat yang dikonsumsi  55-65% dari total energi. Buah-buahan, gandum  dan sayuran diperbanyak, dan kurangi konsumsi alkohol.   
Salah satu faktor yang tidak kalah penting untuk program penurunan berat badan adalah meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.

Kunci menurunkan berat badan, adalah membakar lebih banyak kalori dibandingkan kalori yang Anda makan. Tiga ribu lima ratus (3.500) kalori, setara dengan 0.45 kg lemak. Karena itu, jika ingin menurunkan berat badan sebanyak 0.45 kg, Anda harus membakar lebih dari 3.500 kalori. Kalau Anda mengurangi 500 kalori dari diet Anda biasanya setiap hari, maka Anda akan menurunkan berat badan sebanyak 0.45 kg dalam waktu seminggu (500 kalori dikali 7 hari= 3.500 kalori).

4.kira-kira untuk mencapai berat badan ideal(45 kg) butuh waktu berapa lama?

Pada saat ini, memang kondisi IMT Anda adalah overweight. Berat badan ideal Anda adalah antara 47,7-58,3 kg.  Dengan tinggi badan 153 cm, maka berat badan 45 kg membuat Anda menjadi underweight. Idealnya, penurunan berat badan yang baik, agar tidak mempengaruhi keseimbangan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan adalah 0,5-1 kg dalam 1 minggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,                                       

(Redaksi Klikdokter)

    1 Komentar

    • Citra Pcy

      Selamat malam dokter saya citra dari palembang usia saya 13 tahun tinggi badan saya 153 berat badan saya 54,dok saya mau tanya diet sehat buat anak seusia saya itu caranya gimana dok,apakah sehat diet pada usia dini,makanan apa saja yang harus saya konsumsi biar berat badan saya turun? Tolong dok;)