Sukses

Infertilitas gangguan genetik?

23 Aug 2010, 11:56 WIB
Pria, 26 tahun.
Begini Dok ceritanya,kami adalah Pasutri yang baru menikah tgl 26 juni 2010 silam,kami pingin banget cepet cepet punya momongan demikian juga keluarga kita,hampir setiap setelah berhubungan aku ganjal pinggul istriku untuk menahan sperma yang berda di dalam m.V istriku agar sperma yang aku keluarkan di dalam cepet masuk ke rahim dan terjadi pembuahan,dan kamipun sering berhubungan hampir setiap hari dan saat berhubungan di dalam mis V terasa banyak cairan tapi aku tidak merasakan kalo istriku mengeluarkan cairan,apakh cairan itu dok?.siklus kedatangan mens istriku maju maju terus misal bln kmren tgl 15 bulan ini tgl 10,gimana ya dok solusinya,selain aku berusaha aku juga tak lupa berdo'a,oia dok *apakah ini ada hubungan dengan keturunan cz kakak perempuan istriku / mbakyu ipar sudah menikah 8 thn belum juga di kasih momongan? * apakah kalo berhubungan setiap hari mempengaruhi kualitas kesuburan sperma saya? * mohon untuk jawaban dan saran saran apa yang harus dilakukan untuk kami agar kita cepet dapat anak terimaksih sebelumnya. ( laki-laki, 26 thn,172 cm,68 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Foreplay atau pemanasan yang dilakukan sebelum berhubungan intim akan membuat pria ataupun wanita mengeluarkan cairan akibat dari arousal yang dirasakan. Wanita akan mengeluarkan cairan pada vagina yang berguna sebagai pelumas apabila terjadi penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina). Siklus menstruasi yang normal berkisar antara 21-35 hari, siklus menstruasi istri Anda sekitar 23 hari dan masih tergolong normal.

Infertilitas primer adalah kondisi belum terjadinya kehamilan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2 - 3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. Jika memang ada infertilitas primer, perlu dicari penyebabnya baik dari pihak suami maupun istri. Pihak istri dapat melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui anatomi alat kandungan, dan mungkin pemeriksaan hormonal (sesuai kebutuhan). Sedangkan pihak suami dapat melakukan pemeriksaan analisis sperma (kualitas dan kuantitas). Apabila ada kelainan yang ditemukan maka terapi yang diberikan sesuai dengan penyebab gangguan kesuburan tersebut.

Infertilitas mungkin saja merupakan genetik namun haruslah terlebih dahulu dicari  penyebab dari gangguan kesuburan tersebut. Anda saat ini baru menikah 2 bulan dan belum termasuk ke dalam definisi infertilitas primer. Namun tidak ada salahnya apabila Anda dan istri berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk melakukan pemeriksaan kesuburan. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan analisa sperma.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan kehamilan, yaitu: Hentikan segala kegiatan yang kurang baik, hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk pada suami) karena merokok dapat mempengaruhi kesehatan sperma suami. Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio, Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukupLakukan hubungan intim teratur 2-3hari sekali

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai cara meningkatkan kesuburan, anda juga dapat membaca artikel Kami yang berjudul Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar