Sukses

TV cetuskan epilepsi?

19 Oct 2014, 08:39 WIB
Wanita, 17 tahun.
Ass dokter,terimakasih atas jawaban dari dokter sebelumnya. Sya mau tanya lagi dok,mengenai keponakan saya yang epilepsi,ada yang memberitahukan bahwa penderita epilepsi tdk boleh menggunakan komputer/HP karna bahaya dengan radiasinya,apa itu benar? karna mengingat keponakan saya juga sangat membutuhkan HP atau perangkat elektronik lainnya. Mohon penjelasannya. Terimakasih. ( perempuan, 17 thn,155 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Epilepsi adalah kondisi gangguan neurologi (saraf) yang ditandai dengan kejang berulang tanpa penyebab yang jelas. Kejang diakibatkan oleh gangguan aliran listrik pada otak. Epilepsi dapat terjadi akibat adanya pencetus kejang, sebut saja salah satunya adalah sinar terang, pola yang timbul berulang atau gambar bergerak dari peralatan elektronik seperti TV. Epilepsi jenis ini disebut dengan epilepsi fotosensitif. 

Pola pada epilepsi fotosensitif umumnya memiliki pencahayaan sangat kontras (sinar terang yang berganti dengan warna gelap, atau garis putih dengan latar belakang gelap). Sedangkan warna kontras saja tanpa perubahan pencahayaan jarang sekali mencetuskan epilepsi fotosensitif. Setiap orang dapat dipengaruhi oleh pola warna tertentu berbeda dengan yang lain. Jarak pola dari waktu ke waktu pun penting dan berbeda pada satu individu dengan yang lain. Pencetus yang ditangkap oleh seluruh kedua bola mata lebih dapat menyebabkan epilepsi fotosensitif jika dibandingkan dengan satu mata saja. Sensitivity is increased by alcohol consumption, sleep deprivation, illness, and other forms of stress. Sensitivitas tersebut dapat meningkat dengan konsumsi alkohol, gangguan tidur, penyakit ataupun stress. Konsultasikan dan lakukan terapi pada dokter syaraf  untuk mengurangi sensitivitas dan menangani epilepsi  pada saudara Anda.

Epilepsi dapat dikontrol dengan obat-obatan namun tidak dapat disembuhkan secara total. Operasi untuk menyembuhkan operasi pun termasuk salah satu operasi yang sulit.

Seseorang dengan epilepsi pun dapat hidup secara normal. Yang terpenting adalah ikuti rencana terapi yang sudah ditentukan oleh dokter, hindari pencetus kejang, makan makanan bergizi, olahraga teratur, dan hindari stres.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar