Sukses

Kista Endometriosis dan Mioma Uteri

10 Aug 2010, 15:09 WIB
Wanita, 31 tahun.
Dok, benarkah anggapan kista endometriosis dan myom uteri dapat sembuh kalau hamil? adik saya menderita kista endometriosis di indung telur kanan dan kiri yang sdh mengalami perlengketan dan telah melakukan laparaskopi. setahun kemudian diketahui kista ternyata tumbuh kembali dan ada myom di rahim dengan diameter 3cm. Alhamdulillah sebulan kemudian positif hamil, dan di usia kehamilan 2bln dokter menyatakan kista mengecil dan myom tdk tampak/terdeteksi melalui pemeriksaan USG. Benarkah kista dan myom tersebut dapat benar2 sembuh/hilang? Terimakasih sebelumnya Dok( perempuan, 31 thn,155 cm,60 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kista endometriosis merupakan kista yang dipengaruhi oleh siklus hormon, sehingga kehamilan dapat mempengaruhi kista endometriosis. Sedangkan, mioma uteri memiliki kecenderungan untuk membesar ketika hamil dan mengecil ketika menopause berkaitan dengan produksi dari hormon estrogen.

Kami sarankan untuk tetap melakukan kontrol teratur dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk pemantauan terus menerus kondisi (ukuran) kista dan mioma Anda, sekaligus kondisi kehamilan Anda. Penanganan selanjutnya akan bergantung dari hasil pemeriksaan berkala Anda.

Kami sertakan artikel berjudul Endometriosis dan Mioma Uteri untuk keterangan selengkapnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,                                       

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar