Sukses

Lilitan Tali Pusat

20 Oct 2014, 00:39 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dokter Yth. Saya sedang hamil usia 36 minggu, dengan taksiran BB janin 2,6 kg. Terakhir kontrol (35-36 minggu) dokter menyatakan leher janin terlilit tali pusat dan posisi sungsang (kepala di atas). Dokter saya waktu itu tidak memberikan opsi C-sect, karena mungkin masih ada kesempatan janin untuk berada di posisi normal dan lilitannya terurai. Tapi setelah browsing di internet, rupanya jarang sekali kasus seperti saya yang berakhir dengan persalinan normal. Saya minta pendapat dokter tentang hal ini. Hal apa sajakah yang harus saya lakukan dalam mengusahakan persalinan yang normal? Terima kasih( perempuan, 26 thn,155 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kondisi lilitan tali pusat merupakan kondisi yang sulit, berbeda dengan posisi bayi yang belum memutar (kepala di atas). Pada kondisi bayi belum memutar (kepala masih di atas) pada minggu-minggu terakhir menjelang kelahiran, masih dapat diusahakan untuk melakukan versi atau dengan Ibu banyak melakukan posisi menungging. Namun pada kondisi lilitan, keadaan menjadi sulit karena hal ini tidak dapat dimanipulasi dan bergantung pada panjangnya tali pusat. Tindakan-tindakan yang kurang hati-hati malah dapat memperparah lilitan tali pusat yang terjadi.

Kami sarankan untuk tetap melakukan kontrol terutama menjelang kelahiran. Dengan pemeriksaan USG dapat diketahui apakah kondisi lilitan tali pusat telah berubah atau masih terjadi. Dokter kebidanan dan kandungan Andalah yang paling mengerti kondisi Anda dan kandungan Anda pada saat ini. Untuk itu, diskusikan kembali mengenai keinginan  Anda dan pilihan-pilihan yang dapat Anda ambil beserta dengan keuntungan dan kerugiannya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar