Sukses

Kista, Endometriosis, Kesuburan

28 Jul 2010, 14:37 WIB
Wanita, 29 tahun.
dokterr saya wanita umr 29 th udah nikah 2 th, tp msh blm punya anak. apakah itu disebabkan oleh kista sebesar 5 cm & endometriosis yang saya derita. dan mulai saat ini saya ikut terapi dengan minum obat ozol. kira2 seberapa besar saya dpt punya anak( perempuan, 29 thn,148 cm,40 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda saat ini. Seseorang sudah dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila memenuhi kriteria berikut, yaitu: belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. 

Sayang sekali, Anda tidak menyebutkan kista jenis apa yang Anda alami. Kista di wilayah-wilayah organ reproduksi dapat mempengaruhi fertilitas (kesuburan) Anda.

Endometriosis juga berpengaruh pada fertilitas (kesuburan) karena terjadinya gangguan pada lingkungan rahim sehingga perlekatan sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim menjadi terganggu. Pada endometriosis yang sudah parah, dapat terjadi perlekatan pada rongga panggul, saluran tuba, atau indung telur yang dapat mengganggu transportasi embrio.

Apakah Anda sudah berkonsultasi dan berobat ke dokter? Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengkonsultasikan masalah ini dan mendapatkan penanganan yang optimal. Bila kista dan endometriosis Anda tidak ditangani, maka akan menghambat Anda untuk memiliki keturunan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar