Sukses

Gigi geraham tumbuh menonjol

29 Jul 2010, 20:47 WIB
Pria, 29 tahun.
Gigi geraham dekat gigi taring saya tumbuh, namun gigi geraham yang disebelahnya sudah dekat dengan gigi taring tersebut, sehingga gigi geraham yang mulai tumbuh tersebut menonjol keluar. Bagaimana solusinya ya agar gigi geraham tersebut tumbuh normal. terimakasih( laki-laki, 29 thn,142 cm,51 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Sdr. yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Klikdokter.com
Bila hanya berdasarkan keterangan Anda, saya menduga bahwa gigi geraham yang Anda katakan tumbuh itu sebelumnya terhalang pertumbuhannya (disebut gigi impaksi). Penyebabnya bisa karena posisi benih gigi memang di luar lengkung rahang. Sebab, normalnya gigi tersebut seharusnya sudah selesai menempati posisinya pada lengkung rahang sekitar usia 11-12 tahun.

Untuk memastikan diagnosa dan perawatan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki posisi gigi Anda, tetap dibutuhkan pemeriksaan secara klinis dan apa yang dapat saya kemukakan disini hanya berdasarkan asumsi. Selain pemeriksaan klinis, mungkin perlu pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen untuk melihat posisi gigi yang masih tertahan dalam tulang. Alternatif perawatan adalah dengan perawatan orthodontik (kawat gigi/behel). Ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter gigi untuk pemeriksaan secara menyeluruh. Jika perawatan yang harus dilakukan diluar kompetensi dokter gigi umum, maka Anda dapat dirujuk ke spesialis. Misalnya rencana perawatan adalah kawat gigi, maka Anda akan dirujuk ke dokter gigi spesialis orthodontik.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar