Sukses

gigi geraham anak keropos

26 Jul 2010, 18:06 WIB
Pria, 39 tahun.
Anak saya 10 tahun, memiliki gigi pada rahang bawah 12 buah begitu pula rahang atas. Gigi geraham besar I kanan dan kiri (gigi ke-11 dan 12) tumbuh pada usia 5 tahun sudah keropos, seandainya dicabut apakah akan tumbuh gigi baru? seandainya tidak adakah solusi lain? Terimakasih...( laki-laki, 39 thn,162 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bpk. yang terhormat,
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Klikdokter.com
Perlu saya singgung sedikit sebagai tambahan informasi, gigi manusia terbagi atas dua periode yaitu gigi susu pada saat anak-anak dan akan digantikan oleh gigi permanen/tetap yang akan bertahan hingga dewasa. Pergantian ini dimulai saat anak berusia kurang lebih 6 tahun. Menurut keterangan Anda, anak Anda berusia 10 tahun, artinya memasuki periode gigi bercampur yaitu ada gigi susu yang sudah tanggal dan diganti gigi permanennya namun masih ada beberapa gigi susu yang belum tanggal. Gigi geraham susu akan digantikan oleh gigi geraham kecil (premolar). Sedangkan gigi geraham permanen akan tumbuh dibelakang gigi premolar, dan tidak menggantikan gigi susu manapun.

Pada periode gigi susu, gigi berjumlah 20 buah masing-masing 10 gigi di rahang atas dan bawah. Sedangkan gigi tetap berjumlah 32 buah. Jika anak Anda sekarang memiliki 12 gigi, berarti gigi susu yang seharusnya sudah tanggal/dicabut masih ada. Padahal seharusnya gigi susu yang gigi permanennya sudah tumbuh harus segera dicabut karena dapat mengganggu pertumbuhan gigi tetapnya.

Gigi geraham yang Anda sebutkan tumbuh saat berusia 5 tahun besar kemungkinan merupakan gigi geraham permanen.  Jika dicabut tidak akan tumbuh gigi lagi, jadi jika sudah terlihat lubang maka harus ditambal segera karena gigi tersebut akan digunakan berfungsi hingga dewasa nanti.

Ada baiknya Anda membawa anak Anda untuk diperiksa secara langsung oleh dokter gigi, agar dapat dipastikan gigi mana yang seharusnya dicabut dan mana  yang harus mendapatkan perawatan (tambalan atau perawatan lainnya).
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha
Pengasuh Rubrik Kesehatan Gigi dan Mulut Klikdokter.com

    0 Komentar

    Belum ada komentar