Sukses

Hemoglobin rendah, apa sebabnya?

24 Jul 2010, 01:51 WIB
Wanita, 20 tahun.
assalamualikum wr wb nama saya puspita atlet renang....akhir2 ini saya sering demam,mimisan tengah malam,trus saya cepat lelah,kadang ada memar biru di bagian paha,trus kadang perut sebelah kanan nyeri trus kadang tulang2 saya terasa ngilu.....HB darah saya terakhir 4,3,,,,,,apakah itu pengaruh dari HB kurang atau bagaimana???????saya mohon penjelasannya dok....terima kasih sebelumnya( perempuan, 20 thn,154 cm,52 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Jumlah Hemoglobin (Hb) menandakan konsentrasi protein hemoglobin yang membawa oksigen di dalam darah. Hb sendiri adalah komponen utama dari sel darah merah.Kisaran Hemoglobin (Hb) normal pada wanita dewasa yang tidak hamil adalah antara 12-16 mg/dL. Kisaran ini akan sedikit bervariasi tergantung dari batasan nilai normal pada masing-masing laboratorium. Namun, nilai Hb Anda yang sebesar 4,3 mg/dL jelas jauh berada di bawah nilai normal. Seseorang yang memiliki Hb rendah dikatakan memiliki keadaan anemia. 

Anemia seringkali dihubungkan dengan beberapa penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh memiliki terlalu sedikit sel darah merah. Anemia pun dapat terjadi jika tubuh menghasilkan sel darah merah yang lebih sedikit dibandingkan biasanya, jika tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat daripada sel darah dapat diproduksi atau jika Anda mengalami kehilangan darah seperti misalnya pada kecelakaan, menstruasi, penyakit demam berdarah, ataupun muntah darah. 

Keluhan yang Anda utarakan, yaitu berupa demam, adanya perdarahan yang terlihat (mimisan) ataupun perdarahan dalam tubuh (memar pada paha), nyeri pada perut sisi kanan, mudah lelah, tulang terasa ngilu dapat mengarahkan pada suatu diagnosis yang tentunya perlu dipastikan dengan pemeriksaan fisik langsung dengan dokter.    

Saat ini, yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsultasikan segera keluhan Anda tersebut kepada dokter spesialis penyakit dalam dan kemungkinan Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan darah yang lebih seksama yang disebut apusan darah tepi. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk melihat adanya kelainan pada sel-sel darah. Kami sarankan segera, karena saat ini Hb Anda yang rendah dapat mengancam nyawa dan memerlukan penanganan lebih cepat.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar