Sukses

Kanker serviks dan pola haid

21 Jul 2010, 14:08 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dear Tim Klikdokter, Apakah ada hubungannya penyakit kanker serviks dengan pola menstruasi?? Thank u( perempuan, 25 thn,154 cm,44 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Gejala paling umum yang dapat ditemukan pada kanker serviks atau kanker leher rahim adalah perdarahan abnormal atau flek (bercak perdarahan) yang keluar dari vagina. Perdarahan ini dapat ditemukan di antara 2 siklus haid, saat haid (jumlah perdarahan haid bertambah), bahkan setelah menopause. Namun, perdarahan abnormal pada kanker serviks terutama ditemukan setelah pasien melakukan hubungan seksual. Perdarahan ini terjadi karena rapuhnya jaringan tumor yang mudah berdarah, namun seringkali disalahartikan sebagai perubahan pola haid. Perubahan pola haid yang sebenarnya, misalnya masa haid memanjang atau memendek, disebabkan oleh gangguan keseimbangan hormonal. Dalam perkembangannya, kanker serviks tidak mempengaruhi keseimbangan hormonal ini dalam tubuh sehingga perdarahan yang terjadi murni berasal dari jaringan tumor yang rapuh dan mudah berdarah.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kanker serviks dapat Anda baca dengan mengakses URL Link berikut: Kanker Leher Rahim (https://www.klikdokter.com/illness/detail/122), atau dengan mengetik kata kunci "kanker serviks" dalam mesin pencari kami.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (SO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar