Sukses

Flu & sesak dalam kehamilan

18 Jul 2010, 20:24 WIB
Wanita, 32 tahun.
apakah dampak bagi janin jika seorang ibu yang terkena penyakit sesak napas dan flu pada trisemester pertama. bagaimana cara mengatasinya.makasih( perempuan, 32 thn,156 cm,58 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Trimester pertama merupakan saat terpenting karena dalam 12 minggu pertama itulah terjadi organogenesis atau pembentukan organ janin hingga mencapai kesempurnaan. Trimester ini merupakan trimester yang cukup rentan untuk terjadinya gangguan atau kecacatan pada janin akibat faktor eksternal.

Tidak disarankan untuk minum obat pada trimester pertama kecuali tidak ada pilihan lainnya. Flu yang terjadi dapat diatasi dengan istirahat, banyak minum air putih hangat, dan tingkatkan daya tahan tubuh serta asupan vitamin C. Apabila flu dan sesak semakin bertambah berat, kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan untuk mendapatkan terapi karena tidak disarankan untuk ibu hamil minum obat sembarangan.

Apakah Anda memiliki asma? Apabila Anda memiliki asma, obat untuk asma yang paling aman adalah obat inhaler baik jenis bronkodilator maupun kortikosteroid. Apabila Anda membutuhkan obat oral maka kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar