Sukses

Anak sulit berjalan

19 Oct 2014, 17:06 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat siang dok. Anak saya umur 17 bulan sampai kini blum bias jalan dia baru bisa pindah2 tempat menggunakan pantatnya (ngesot). Klo saya amati kakinya masih lemes, untuk merangkak pun blum bisa apalagi merembet menapakan kakinya. Yang ingin saya tanyakan. 1. Apakah ada kelainan pd anak saya dok.? 2. Apakah pengaruh riwayat jalan saya dan suami turun ke anak saya (mengingat saya dan suami usia 1,5 tahun baru bisa jalan? 3. Adakah pengaruhnya mengingat waktu anak saya lahir itu di vacum dan forcep? Itu saja yg saya ingin konsultasikan. Terima kasih banyak dok sebelumnya atas jawabannya. ( perempuan, 26 thn,161 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

Pada umumnya, rentang waktu normal seorang anak dapat berjalan adalah usia 11-18 bulan. Terdapat perbedaan pada usia yang dibutuhkan setiap anak untuk dapat berjalan. Hal tersebut dipengaruhi oleh stimulus yang diberikan oleh orang-orang disekitarnya yang mendorongnya untuk belajar berjalan. Berikanlah stimulasi yang sesuai agar anak anda terpicu untuk berjalan. Stimulasi yang dapat Anda lakukan saat ini yaitu:

 

 

  1. Dudukkan anak Anda, kemudian bantu tarik ke posisi berdiri.

  2. Letakkan mainan yang disukai beberapa sentimeter di hadapannya. Buatlah ia ingin berpegangan pada ranjang atau perabot rumah untuk mencapai mainan tersebut.

  3. Anda juga dapat melakukan stimulasi dengan membuat permainan seperti meminta anak Anda berjalan ke pelukan Anda untuk mendapatkan dekapan atau mainan yang disukainya. Berilah ia pujian atas setiap usaha dan keberhasilannya, agar anak Anda dapat terus merasa percaya diri dan bersemangat menerima stimulasi yang Anda berikan.

Memang diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk menerapkan hal-hal di atas. Stimulasi tersebut harus dilakukan terus-menerus secara perlahan, bertahap, dan penuh kasih sayang. Tidak ada paksaan apabila anak Anda dirasa belum siap untuk berjalan. Dan komunikasikanlah dengan baik agar anak Anda dapat termotivasi untuk berjalan.

Adapun beberapa faktor yang harus diperhatikan pada saat anak akan belajar berjalan adalah:

  • ciptakan lingkungan yang aman untuk belajar berjalan agar terhindar dari cedera

  • pilihlah alas kaki yang tepat, terutama saat berjalan di luar ruangan

  • tumbuhkan kepercayaan diri pada anak Anda

  • perkuatlah otot kaki. Hal ini dapat dilakukan dengan berkonsultasi dengan dokter anak Anda. Umumnya dapat digunakan teknik pijatan yang dilakukan oleh seorang fisioterapis

  • perhatikanlah berat tubuh anak Anda. Berat badan yang berlebih dapat mengganggu keseimbangan dan membuat anak malas beraktivitas

  • janganlah merasa bosan atau lelah menatih anak Anda selama diperlukan.

Apabila setelah menerapkan hal-hal di atas dengan baik, anak Anda masih belum mengalami kemajuan, kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Anda untuk tatalaksana yang optimal.

Sedangkan mengenai kemungkinan adanya pengaruh dari forcep atau vakum terhadap keterlambatan motorik anak Anda, perlu dianalisa lebih dalam oleh dokter anak Anda dengan beberapa pemeriksaan fisik. Sebaiknya lakukan cara-cara diatas terlebih dahulu untuk memperkuat otot kaki nya dan merangsang nya berjalan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar