Sukses

Keguguran 5 kali

17 Oct 2014, 22:03 WIB
Wanita, 36 tahun.
Selamat malam team dokter... Mau tanya nih dok.. tgl 27 Mei 2010 saya menjalani kuretase dlm usia kandungan 17 minggu (ini adalah keguguran yang ke-5 kalinya). Saya menjalani proses melahirkan normal dan kemudian dikuret dikarenakan janin mengalami kelainan (hydrops) yg diketahui pada usia 13 minggu dan kemudian meninggal pada usia 17 minggu. Pendarahan yg terjadi setelah kuret kira-kira selama 14 hari. Dan baru mendapat haid lagi tgl 2 Juli 2010 dan hingga hari ini tgl 13 Juli 2010 blm selesai juga. Sejak hari ke-7 darah yg keluar hanya sedikit sekali hampir bersih tetapi hari ini keluar lagi agak banyak dan berwarna gelap dari awal. Yang ingin saya tanyakan : 1. Mengapa haid saya berlangsung lama? Padahal pada saat saya kuret yg sebelumnya pendarahan normal seperti biasanya 7 hari dan siklus spt biasanya 28-30 hari. Apakah ini normal-normal saja? 2. Kapankah masa subur saya bila haid saya panjang seperti ini? 3. Kapankah saya diperbolehkan hamil lagi? Sebagai informasi, saya sudah melakukan berbagai pemeriksaan, namun menurut dokter semuanya normal, virus Torch negatif, thalasemia negatif, Comb test negatif. Keguguran yg sebelumnya dikarenakan : 1. BO(11mgg); 2. Keguguran Spontan (6mgg); 3. BO(10mgg); 4. Ari-ari lepas krn trauma, kaget, lari-lari (9mgg). 4. Apa yg harus saya lakukan lagi agar saya dapat hamil lagi dan melahirkan seorang bayi yg sehat? Demikian dok... Mohon penjelasannya. Terima kasih sebelumnya...( perempuan, 36 thn,155 cm,51 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Ibu Iffa, kami turut prihatin atas apa yang Ibu alami karena sudah lima kali mengalami keguguran. Sebelum hamil lagi sebaiknya ibu konsultasi dulu dengan dokter penyakit dalam khusus hematologi (Hematolog) untuk evaluasi lebih detil kemungkinan penyebab keguguran atau kelainan pada janin. Juga sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli genetik. Sebagian lagi penyebab keguguran berulang memang tidak diketahui. Untuk hamil lagi tentu sebaiknya setelah dilakukan evaluasi menyeluruh tentang kemungkinan penyebab keguguran berulang. Umumnya dalam keadaan normal boleh hamil lagi setelah 3 bulan.

Menjawab pertanyaan lainnya, haid yang lebih dari 10 hari tentu abnormal, biasanya masalah hormonal, tetapi tunggu saja pada siklus berikutnya untuk melihat kondisi tersebut berulang atau tidak, biasanya haid akan pulih lagi setelah keguguran. Kalau berulang tentu perlu pengobatan. Jika siklus haid belum normal tentu kemungkinan tidak ada masa subur pada siklus tersebut. Masa subur pada siklus normal umumnya antara hari ke 12-18.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Pengasuh Rubrik Kebidanan dan Kandungan

Dr. Indra N. C. Anwar, SpoG

0 Komentar

Belum ada komentar