Sukses

Susu kedelai dan kehamilan

13 Jun 2010, 07:58 WIB
Wanita, 34 tahun.
apakah benar susu kedelai itu tidak boleh dikonsumsi jika menginginkan kehamilan ? jika iya kenapa ?( perempuan, 34 thn,160 cm,68 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Produk-produk yang dibuat dari kedelai, termasuk susu kedelai mengandung fitoestrogen yang dikenal dengan nama isoflavone. Isoflavone ini terdapat dalam berbagai bentuk dan akan memberikan efek yang berbeda-beda. Sebagian isoflavone akan memberikan fungsi yang menyerupai hormon estrogen di dalam tubuh, namun efek yang dihasilkan sangat rendah jika dibandingkan dengan hormon estrogen asli di dalam tubuh. Sementara sebagian isoflavone lainnya akan bekerja sebagai antiestrogen yang akan menghambat aktivitas hormon estrogen dalam tubuh.

Beberpa penelitian menyatakan bahwa konsumsi susu kedelai dalam dosis tinggi dapat memperpanjang siklus menstruasi, menurunkan hormon FSH (Follicle-stimulating hormone) dan menurunkan hormon LH (luteinizing hormone). Bagi wanita-wanita yang memang bermasalah dengan kesuburannya, perubahan keadaan hormon ini dapat mempersulit kesempatan untuk hamil. Namun dosis tinggi yang dapat menimbulkan efek seperti ini adalah setara dengan 3 gelas susu soya selama sebulan (mengandung 60 gram protein soya yang setara dengan 45 mg isoflavone). Dalam keadaan normal, pada umumnya orang tidak akan mengkonsumsi susu soya sebanyak itu. Mengkonsumsi susu soya dalam jumlah yang secukupnya tidak akan mengganggu kesuburan dan kehamilan anda. Namun, jika Anda memang memiliki masalah dalam fertilitas, akan lebih baik jika anda membatasi konsumsi susu soya Anda untuk menyingkirkan berbagai kemungkinan yang menjadi penyebab tidak hamilnya anda selama ini.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar