Sukses

Badan pegal, perlukah vitamin?

18 Oct 2014, 13:47 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dok sudah lebih dari sebulan saya merasakan bada saya tidak fit. Lemas, sering mengantuk dan pegal2. saya sudah mencoba ke dokter dan ternyata tidak ada masalah apa2 dengan kesehatan saya. Hasil pemeriksaan darah pun tidak menunjukkan bahwa saya mengidap suatu penyakit. Hasil tensi darah saya pun normal. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya harus secara rutin mengkonsumsi vitamin? Jika ya, vitamin apakah yang paling baik untuk saya? sebagai tambahan informasi bahwa saat ini saya sudah secara rutin mengkonsumsi vitamin E. Terima kasih sebelumnya atas jawaban dokter( perempuan, 24 thn,158 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

 

 

Badan tidak fit, lemas, terasa pegal dan sering mengantuk dapat merupakan kombinasi antara beban kerja, asupan gizi, dan kurangnya istirahat. Sudahkah Anda mengevaluasi kegiatan Anda sehari-hari muai dari bangun tidur, berangkat beraktivitas, hingga mula tidur, ditambah dengan permasalahan yang dihadapi sehari-hari? Selain itu, bagaimana aktivitas yang Anda lakukan selama bekerja, posisi bekerja dan lain sebagainya? Terlebih tidak ditemukan permasalahan kesehatan apapun pada diri Anda. 

 

 

Asupan gizi yang kurang seimbang juga dapat berperan di dalam kurangnya kekebalan tubuh sehingga badan mudah merasa lelah. Istirahat yang kurang juga berperan di dalam pengembalian kekuatan tubuh. Istirahat yang kurang dapat menyebabkan kondisi tidak fit, dan kelelahan.

 

Saran saya adalah perbaiki asupan gizi Anda (seimbang, 4 sehat 5 sempurna), istirahat yang cukup (6-8 jam sehari), dan istirahat teratur apabila bekerja (bila berhadapan dengan komputer selama 2 jam, istirahatkan mata Anda selama 10 menit, lakukan selalau stretching setiap 2 jam).

 

Vitamin merupakan zat gizi esensial bagi tubuh manusia karena tubuh tidak dapat memproduksi vitamin sendiri. asupan vitamin harus dipenuhi dari luar, seperti makanan atau suplemen. Vitamin seperti layaknya zat gizi lainnya yaitu karbohidrat, protein, lemak, dan mineral. Vitamin termasuk salah satu dari zat gizi yang harus dipenuhi kebutuhannya. Anda dapat mengonsumsi kombinasi vitamin dan mineral terutama yang mengandung vitamin C untuk daya tahan tubuh. Konsumsi vitamin E seperti yang Anda lakukan sah saja. Jumlah asupan vitamin E yang dianjurkan setiap harinya untuk wanita usia lebih dari 14 tahun adalah sebanyak 15 mg/hari. Konsumsi vitamin E yang berlebihan (> 1000 mg atau 1500 IU) akan memperlihatkan efek toksis bagi tubuh, seperti diare, badan terasa lemas, pandangan ganda (diplopia), kelemahan otot, dll.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai vitamin E, anda dapat membaca artikel Kami yang berjudul Manfaat Sehat Vitamin E


 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar