Sukses

Kondom dan siklus haid

17 Oct 2014, 18:26 WIB
Wanita, 24 tahun.
Met siang dok, Pada bln nov 2009 sy melahirkan anak pertama sy. Hingga saat ini sy menggunakan kondom dlm berhubungan intim. Yg ingin sy tanyakan mengapa sampai sekarang siklus menstruasi sy tidak teratur ? kadang 1 bln 2x dan itupun keluar sedikit2. Darah yg dkeluarkan tidak selalu merah terkadang kecoklatan. Apakah ini ada hubungannya dengan penggunaan kondom ? & apakah perlu penanganan yg serius ? Terima kasih sebelumnya.( perempuan, 24 thn,166 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Siklus menstruasi yang tidak teratur setelah melahirkan wajar terjadi, terlebih jika Anda saat ini sedang memberikan ASI. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh Anda, bukan karena penggunaan kondom.

Sedangkan mengenai siklus menstruasi yang dapat terjadi sebanyak 2 kali dalam sebulan dapat saja terjadi. Karena definisi dari siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus haid diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Namun, sebut saja jika Anda mengalami siklus menstruasi 21 hari, maka Anda dapat mengalami menstruasi pada awal bulan dan kemudian di akhir bulan kembali mengalami menstruasi. Jika siklus haid jauh di luar kisaran normal, dapat dikatakan siklus haid tidak teratur.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar