Sukses

Apakah saya terkena panu?

19 Oct 2014, 13:31 WIB
Pria, 38 tahun.
sore dok. aku mau tanya tentang penyakit jamur/ panu. akhir 2 ini di punggung saya penuh dengan bercak putih. sya perkirakan panu. apa penyebabnya. dan apa obat yang manjur mengingat panu sudah hampir penuh diseluruh tubuh bagian belakang. perlu diketahui saya mandi 3kali dalam sehari. air di tempat saya sangat jernih. terima kasih atas jawabannya( laki-laki, 38 thn,175 cm,67 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

 

 

Bercak keputihan yang Anda sebutkan di dalam dunia medis disebut dengan bercak hipopigmentasi. Hipopigmentasi adalah hilangnya / berkurangnya warna kulit. Hal ini disebabkan berkurangnya sel melanosit di kulit akibat dari berkurangnya asam amino tirosin yang digunakan melanosit untuk membuat melanin atau sel pigmentasi (pewarna kulit). Hipopigmentasi dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

 

  • hipopigmentasi pasca peradangan/luka di kulit

  • pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu

  • vitiligo

  • albino

  • lepra

  • pitiriasis alba

Untuk menghilangkan bercak tersebut harus dicari apa penyebabnya. Bila penyebabnya adalah pitiriasis versikolor atau yang dikenal dengan panu, maka dapat diberikan obat jamur yang sesuai. Terapi disesuaikan dengan penyebabnya. 

Panu atau yang sering disebut dengan Tinea versikolor , adalah infeksi jamur dibagian kulit luar disertai rasa gatal .Panu disebabkan oleh malassezia furfur yang dapat menyerang semua usia dan disebabkan karena kebersihan diri yang kurang baik . Kelainan ini umumnya menyerang badan dan kadang- kadang terlihat di ketiak, sela paha,tungkai atas, leher, muka dan kulit kepala. Untuk memastikan diagnosa apakah ini disebabkan karena panu atau bukan , biasanya dokter akan melakukan kerokan kulit untuk melihat penyebabnya atau menggunakan sinar wood ( flouresensi kuning keemasan ). Saran kami , sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter umum ataupun dokter spesialis kulit dan kelamin. Anda juga dapat mengakses koleksi artikel kami dengan meng klik judul berikut Ptiriasis Versikolor

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar