Sukses

Pijat rahim saat hamil

09 Jun 2010, 16:44 WIB
Wanita, 22 tahun.
Dear Dokter, Saya ingin menanyakan beberapa hal .. Terakhir saya datang bulan tgl 8 Mei 2010 .. Untuk bulan Juni ini saya saya belum dapat haid .. Tgl 9 Juni 2010 saya test kehamilan pake testpack hasilnya ada 2 garis 1 merah jelas yang 1 lagi pink pekat .. Tapi permasalahannya .. seminggu yang lalu saya kepeleset di depan kamar mandi .. setelah itu diurut dan perutnya juga kata tukang urutnya peranakannya turun .. lalu dibetulkan .. setelah itu perut saya agak sakit seperti orang mau haid .. lalu saya testpack .. dan hasilnya seperti saya ceritakan di atas.. Klo memang saya hamil .. Apakah berbahaya untuk kandungn saya setelah jatuh dan di urut ??? Dan apa yang harus saya lakukan .. Klo pun kedokter kedokter apa ya ? Dan apa yang harus diperiksa .. Terimakasih .. Saya tunggu jawabannya .. Salam, Santy( perempuan, 22 thn,155 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

 

 

Salah satu tanda pertama adanya kehamilan adalah telat datang bulan atau telat haid. Sehingga jika terjadi keadaan tersebut, sudah tepat untuk melakukan pemeriksaan testpack. Jika ternyata hasil testpack memberikan gambaran 2 garis, maka ada kemungkinan besar bahwa hasil testpack positif dan telah terjadi kehamilan. 

 

 

 

Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Hasil positif telah dapat ditemukan 8 hari setelah pembuahan pada 5% perempuan, dan angka ini akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan. Bagaimanapun, testpackjuga dapat menunjukkan hasil negatif palsu (hasilnya negatif, namun terdapat kehamilan) ataupun positif palsu (hasilnya positif, namun tidak disertai kehamilan).

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi.Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. 

Sedangkan beberapa kemungkinan dari hasil positif palsu diantaranya:

1.  Hamil kimia
Banyak kasus kehamilan yang tidak diketahui mengalami keguguran yang disangka menstruasi. Test pack yang dilakukan sebelum terlambat haid menunjukkan hasil positif, ternyata menstruasi tetap keluar seperti biasa jumlahnya beserta jaringan hasil pembuahan.
2.  Waktu pemeriksaan
Tes kehamilan yang dilakukan di luar standar yang ditentukan akan membuat tes menjadi positif,misalnya: terlalu lama.
3. Pengaruh obat atau bahan kimia. Obat-obatan tertentu dapat membuat tes menjadi positif 
seperti:
   - pemakaian b-hCG untuk terapi kesuburan dan diet
   - Obat diuretik dan obat anti Parkinson
   - Bahan kimia atau sabun yang terkontaminasi pada urin
   - Vitamin C dosis tinggi juga dikatakan bisa mempengaruhi hasil tes

4. Adanya tumor dalam tubuh yang menghasilkan b-hCG seperti tumor jaringan   plasenta (trofoblastik), tumor indung telur yang menghasilkan b-hCG dll, atau selain itu, masih ada kehamilan di luar rahim (ektopk) dan kehamilan anggur (mola) yang juga dapat menyebabkan hasil positif akibat hormon b- hCG yang dihasilkan.


Tindakan pemijatan untuk menaikkan peranakan yang turun tidak dianjurkan, baik dalam keadaan hamil maupun tidak hamil. Selain saat ini Anda belum tau pasti benar tidaknya peranakan Anda turun, tindakan tersebut ditakutkan justru menimbulkan trauma atau gangguan pada organ sekitarnya. Jika memang terbukti peranakan Anda turun, tentunya akan pengobatan akan disesuaikan dengan grade/tingkat keparahannya.

 

 

Peranakan turun atau rahim turun atau disebut dengan prolapsus uteri umumnya disebabkan karena kelemahan otot daerah panggul akibat dari berbagai hal, diantaranya karena melahirkan terlalu sering atau operasi di daerah panggul.

Gejala yang dapat timbul berbeda-beda pada setiap individu. Kadang-kadang meskpi prolapsus uteri yang berat, namun gejala nya dapat tidak ada, dan sebaliknya. Keluhan yang umum:

  • Terasa ada yang mengganjal/menonjol di vagina atau perasaan berat pada perut bawah.
  • Riwayat nyeri dipinggang dan panggul yang berkurang atau hilang dengan berbaring.
  • Buang air kecil sedikit-sedikit namun sering, tak puas hingga tidak dapat menahan BAK.
  • Gangguan saat buang air besar, seperti tidak dapat BAB
  • Gangguan saat hubungan intim, berjalan ataupun bekerja
  • Keputihan
  • Luka lecet pada bagian peranakan yang sudah keluar dan mengenai celana dalam
  • Gangguan kesuburan
  • Gangguan haid

Apakah Anda mengalami gejala-gejala di atas? Selama tidak ada keluhan seperti yang telah disebutkan di atas, Anda dapat memastikan kehamilan dengan menunggu selama 1-2 minggu untuk mengulang pemeriksaan testpack atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum haid, tentunya dengan sembari menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat. Jika Anda merasakan beberapa gejala seperti di atas, periksakan kepada dokter kebidanan dan kandungan Anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)


Salam,


Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar