Sukses

Sulit BAB pada Anak

19 Oct 2014, 13:05 WIB
Wanita, 28 tahun.
Salam kenal dok, anak saya laki-laki usia 13bln - BB 8kg, sejak usia 7bln mengalami kesulitan BAB, 3-4hari dan keras. Dulu lahirnya prematur usia kehamilan 34 minggu krn ketuban rembes dan ari2 dbwh sehingga lahir lwt operasi caesar, BBLR 2kg. Tidak minum asi sama sekali. Oleh beberapa DSA dinyatakan alergi susu sapi tetapi minum soya jg BAB keras. Usia 2-7bln minum sufor HA, BAB lancar-lembek-hijau-2hr sekali. Tiba2 di usia 7bln masih mengkonsumsi sufor HA, tiba2 BAB nya keras dan lama. Anak saya minum susunya juga sulit sekali. Jika tidak diberi, dia jg tdk minta. Masuk usia 11bln tidak mau makan. Buah yg dia mau hanya air jeruk baby, biasanya saya beri 2hr sekali 50cc. Minum susunya max.hanya 600-720cc/hari. Macam2 merk sufor sudah saya coba namun tidak ada perubahan, baik di volume maupun untuk BAB nya. Air putih juga tidak mau. Skrg saya beri pediasure (+/- 480-600cc) untuk membantu kebutuhan kalorinya serta saya beri jg sufor SGM (+/- 150-200cc). Selama ini oleh DSA diberi Dulcolactol untuk membantu konstipasinya. Sempat jg mengkonsumsi protexin. Yg mau saya tanyakan, apa penyebab kesulitan BAB pada anak saya? Lalu apakah aman menggunakan dulcolactol untuk jangka panjang? Maaf jika saya menuliskan riwayat anak saya terlalu panjang. Namun semata-mata untuk memberikan gambaran pada dokter ttg kondisi anak saya. Terima kasih sebelumnya.( perempuan, 28 thn,153 cm,47 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kesukaran buang air besar pada bayi memang memusingkan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan BAB sulit pada bayi, terutama yang mengkonsumsi susu formula yaitu konsumsi susu formula dengan kadar zat besi tinggi, susu formula dengan kandungan lemak nabati misalnya kelapa sawit, dan pembuatan susu formula terlalu pekat. Jadi perlu diperhatikan kembali jenis susu formula yang dikonsumsi dan bagaimana pembuatan dan penyajiannya.

Selain itu pola makan yang tidak seimbang, yaitu lebih banyak konsumsi lemak, karbohidrat, dan kurang makanan yang mengandung serat juga dapat menyebabkan kesulitan buang air besar.

Penggunaan dulcolactol disarankan tidak dalam jangkan panjang karena dapat mempengaruhi kemampuan alami tubuh untuk buang air besar, namun hal ini perlu dikonsultasikan lagi dengan dokter untuk disesuaikan dengan keadaan masing-masing pasien.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar