Sukses

Mengigau Saat Tidur

20 Oct 2014, 04:59 WIB
Pria, 21 tahun.
sebelumnya saya senang sekali dengan adanya e konsul ini, saya ingin bertanya tentang kebiasaan mengigau dengan frekuensi rutin hampir setiap malam( itu menurut penuturan teman-teman saya). saya ingin bertanya dok, kebiasaan tersebut lazim tidal?mengingat terlalu seringnya saya mengigau saat tidur. terus terang saja saya, termasuk orang yg suka berimajinasi tentang apapun baik itu khidupan, cita2, rencana dsb sehingga mungkin saja terbawa ke dalam mimpi. apakah ini bahaya dok dengan kondisi jiwa? terima kasih( laki-laki, 21 thn,170 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mengigau lazim terjadi pada 50% anak-anak dan biasa lazim terjadi pada 5% pasien dewasa. Kebanyakan tidak berbahaya dan merupakan kondisi wajar dan seringkali melibatkan faktor keturunan. Namun, dapat juga berupa suatu gangguan medis yang serius, atau merupakan efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu. Harapan-harapan yang belum tercapai terkadang juga dapat membuat sesoranmg menjadi gelisah dan menimbulkan gejala berupa mengigau.

Bila terlalu sering dan dirasakan sangat mengganggu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri. Akan sangat membantu agar Anda memiliki jurnal tidur selama 2 minggu yang berisi pola tidur Anda (waktu tidur dan waktu bangun), kapan mulai mengigau, apa isinya, berapa kali dan berapa lama mengigau. Hal-hal ini mungkin bisa ditanyakan kepada teman yang melihat Anda tidur ataupun dengan memasang alat perekam selama Anda tidur. Informasi ini akan membantu dokter untuk mencari penyebab permasalahan mengigau Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar