Sukses

KB Saat Menyusui

18 Oct 2014, 07:08 WIB
Wanita, 30 tahun.
Sore Dok.... Saya ingin menanyakan mengenai KB yang saat ini saya gunakan. Dari semenjak saya habis melahirkan (ceasar) sampai sekarang kurang lebih 18 bulan, saya menggunakan KB Suntik (3 bulan) sehingga selama 18 bulan itu pula saya tidak pernah mengalami menstruasi. Yang ingin saya tanyakan, apakah wajar mendap[at menstruasi selama itu?? Apakah ada efek sampingnya?? saya berkeinginan untuk ganti ke produk KB lain..kira-kira KB apa yang cocok untuk saya yang sedang menyusui?? Terima kasih atas perhatian dan jawaban Dokter. Hormat saya....( perempuan, 30 thn,156 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Fungsi utama penggunaan KB adalah untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan cara mencegah pengeluaran sel telur, mencegah terjadinya pembuahan ataupun mencegah terjadi penempelan hasil pembuahan pada dinding rahim; tergantung dari jenis KBnya. KB hormonal (KB suntik, implan) berfungsi mencegah terjadinya pengeluaran sel telur dengan mempengaruhi siklus hormon dalam tubuh, yang juga mengatur haid. Hal ini memang menyebabkan akseptor KB hormonal mengalami efek samping tidak mengalami haid, dan hal tersebut wajar.

Untuk Ibu menyusui, dianjurkan untuk menggunakan KB yang hanya berisi progesteron saja. Karena hormon estrogen dapat mempengaruhi produksi ASI. Untuk itu ada beberapa pilihan jenis KB untuk Ibu menyusui, yaitu: KB suntik, implan, mini pil atau AKDR (alat kontrasepsi dalam rahim). Untuk pemilihannya, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter yang memberikan pil KB agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan, keuntungan, kerugian dan pertimbangan-pertimbangan dari Ibu/Saudari sendiri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar