Sukses

Alergi pada anak

20 Oct 2014, 10:06 WIB
Wanita, 31 tahun.
Dear Dokter, Anak saya laki2 sekarang umur 7,5 bln dari umur 5,5 bln kena alergi dokter anaknya jg bingung dok karna sudah ganti susu soya (tadinya susu sapi), bubur bayi yang dicampur ayam distop, bedak& sampo sudah diganti merek sdh 3X berobat tapi ko masih muncul terus yah dok bentol2 nya di 2 tangan. malah 1 bulan yl bentol2 nya tersebut menyebabkan bekas2 coklat di tangannya tapi sekarang sudah menghilang saya minta salep oleh dokternya. tp alerginya terus timbul. apa yg mesti dipantang lagi dok. apa anak saya alergi cuaca yah ? (saya punya riwayat alergi cuaca) tlg dibantu ya dok , thanks Silver ( perempuan, 31 thn,150 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih ataspertanyaan Anda.

 Alergi adalah gangguan kekebalan tubuh yang berespon dengan elemen spesifik di lingkungan atau alergen (zat penyebab alergi). Anak-anak lebih rentan terhadap alergi dibandingkan orang dewasa karena kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Alergi dapat berbentuk rinitis slergi (flu), dermatitis atopi (gangguan kulit), asma, dll.

Alergi memang dapat diturunkan meskipun manifestasi gejalanya berbeda. Apabila salah satu orang tua memiliki alergi, maka kemungkinan anaknya memiliki alergi berkisar 50%, apabila kedua orangtua memiliki alergi, maka kemungkinan anaknya memiliki alergi adalah sekitar 75%. 
 

Penyebab alergi memang macam-macam, pada anak-anak umumnya adalah makanan, bahan kimia (sabun, detergen, pewangi pakaian), debu, dingin, atau perubahan cuaca. Cobalah untuk mengganti sabun, shampoo, detergen, pewangi menjadi yang hipoalergenic atau untuk kulit sensitif. Hindari pajanan debu dan dingin, serta bersihkan rumah lebih sering.

Seiring dengan perkembangan usia, daya tahan tubuh atau imunitas anak akan meningkat dan kemungkinan alergi juga akan berkurang.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar