Sukses

Vitamin E untuk kesuburan

19 Oct 2014, 11:41 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dok, apa efek samping minum vitamin dafarol? boleh tidak bila kita mengkonsumsi tidak dengan resep dokter? sebaiknya dikonsumsi berapa lama ya dok? Apa benar dafarol vitamin tuk kesuburan? Sebaiknya mengkonsumsi yg berapa gram ya? Terima Kasih.( perempuan, 30 thn,173 cm,96 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
Vitamin yang Anda sebutkan memiliki kandungan D- α tocopherol (vitamin E). Vitamin E ini dapat diberikan pasien dengan:

  • Penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah)

  • Pengendapan kolesterol pada arteri, trombosis, stroke, gangguan kesuburan, kelelahan, distrofi (kelainan jaringan akibat gangguan gizi) otot, neuralgia (nyeri syaraf)

  • Untuk menunda proses penuaan

 

Efek samping minum vitamin dafarol?

Konsumsi vitamin E yang berlebihan (> 1000 mg atau 1500 IU) akan memperlihatkan efek toksis bagi tubuh, seperti diare, badan terasa lemas, pandangan ganda (diplopia), kelemahan otot, dll.

Boleh tidak bila kita mengkonsumsi tidak dengan resep dokter?

Boleh, karena vitamin adalah obat yang boleh dijual bebas di apotek.

Sebaiknya dikonsumsi berapa lama ya dok?

Vitamin berfungsi sebagai suplemen atau zat tambahan yang diperlukan tubuh. Sehingga Anda dapat mengonsumsinya kapan saja setiap hari. Vitamin E pun sebenarnya sudah terdapat dalam makanan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengakses judul artikel kami yang berjudul Manfaat Sehat Vitamin E

Apa benar dafarol vitamin tuk kesuburan?

Pemberian vitamin E pada pasangan yang mengalami gangguan kesuburan memang dapat memperbesar kemungkinan untuk hamil, dan karena hanya mengandung vitamin maka obat tersebut boleh dijual bebas di apotek. Namun tentunya,jika Anda dan pasangan mengalami gangguan kesuburan atau infertilitas, maka sebaiknya diketahui penyebabnya terlebih dahulu. Seseorang sudah dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu : belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. Vitamin E tetap dapat dikonsumsi, namun jika terdapat penyebab yang mendasari baik pada Anda dan pasangan maka juga harus ditangani terlebih dahulu.

Sebaiknya mengkonsumsi yg berapa gram ya?

Jumlah asupan vitamin E yang dianjurkan setiap harinya untuk wanita usia lebih dari 14 tahun adalah sebanyak 15 mg/hari atau 22.5 internasional unit (IU) per hari. Satu kapsul vitamin E yang Anda tanyakan berisikan 200 IU. Sehingga sebenarnya satu kapsul saja sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin E dalam sehari. Tapi, pastikan juga kalau asupan vitamin E Anda tidak lebih dari 1.000 miligram (1.500 IU) per hari. Hal ini untuk mencegah keracunan. Tapi, sebagian besar orang justru kesulitan memenuhi asupan vitamin E yang direkomendasikan. Jadi, kalau tidak menggunakan suplemen dalam dosis sangat besar, kemungkinan besar Anda tidak akan mencapai batas maksimum ini.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (RIPI)

 

Salam,

 

Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar